Koperasi dan UMKM Merupakan Salah Satu Penopang Utama Perekonomian

WAKIL Gubernur Kalteng, H Edy Pratowo saat menyampaikan amanat Gubernur.| foto: istimewa

PALANGKA RAYA - Salah satu langkah bersama untuk mendorong pertumbuhan perekonomian di Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran mengharapkan semua pihak untuk dapat mendukung upaya-upaya pengembangan Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) agar semakin maju dan naik kelas.

"Pengembangan Koperasi dan UMKM harus terus kita dukung bersama, dengan cara memfasilitasi, memberdayakan, dan menggerakkan sektor-sektor strategis dan potensi-potensi unggulan sehingga akan mengangkat perekonomian daerah," harap Gubernur dalam amanatnya yang disampaikan Wakil Gubernur H. Edy Pratowo saat membuka kegiatan Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Perencanaan Pusat dan Daerah Tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022, yang dilangsungkan di Ballroom Aquarius Boutique Hotel, Senin (25/7/2022). 

Ditegaskan bahwa langkah-langkah memajukan Koperasi dan UMKM tersebut harus terus dilakukan, karena Koperasi dan UMKM merupakan salah satu penopang utama perekonomian. 

"Koperasi dan UMKM adalah pilar penting untuk membangun perekonomian, baik nasional maupun daerah," imbuhnya.

Dibeberkannya, salah satu upaya yang sedang dilakukan Pemerintah Provinsi Kalteng untuk mengembangkan koperasi dan UMKM, yakni dengan membangun sistem informasi untuk melakukan inventarisasi, pemberdayaan, dan peningkatan kualitas bagi pelaku UMKM se-Kalteng melalui aplikasi TABE atau Tangan Berkah. 

"Tentunya hal ini membutuhkan dukungan seluruh pihak, khususnya para Kepala Dinas yang membidangi UMKM di Kabupaten dan Kota untuk mempercepat pencapaian UMKM Kalimantan Tengah naik kelas," tandasnya.

Diketahui, Rakorda ini berlangsung hingga tanggal 26 Juli 2022 dan diikuti oleh Dinas yang membidangi Koperasi dan Bappeda Kabupaten/Kota se-Kalteng.[kenedy/adv]


loading...