Jenderal Dudung Terima Gelar Kehormatan Adat Dayak Kalteng

PENGANUGERAHAN Gelar Kehormatan Adat Dayak Kalteng kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran menggelar ramah tamah dan jamuan santap malam bersama Kepala Staf Angkatan Darat (KASAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Sekjen DPP PDI-P Hasto Kristiyanto, Gubernur Kalimantan Utara Zainal Arifin Paliwang serta Rektor Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia, yang dilangsungkan di Aula Jayang Tingang, Kantor Gubernur setempat, Sabtu (16/7/2022) malam. 

Ramah tamah dan jamuan santap malam itu digelar dalam rangkaian kegiatan KKN Kebangsaan ke-10 dan KKN Bersama tahun 2022, yang mana Provinsi Kalteng dipercaya menjadi tuan rumah penyelenggara kegiatan KKN Kebangsaan, dan kegiatan tersebut akan digelar terpusat di Universitas Palangka Raya pada tanggal 17 Juli 2022.

"Atas nama Pemerintah Provinsi dan masyarakat mengapresiasi dan memberikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah mempercayakan Provinsi Kalimantan Tengah menjadi tuan rumah pelaksanaan KKN Kebangsaan dan KKN Bersama tahun 2022 ini. Selaku tuan rumah, kami siap mendukung dan memfasilitasi kegiatan yang baik ini," ucap Gubernur.

Sebelum menggelar ramah tamah dan jamuan santap malam itu, telah dilakukan Penganugerahan Gelar Kehormatan Adat Dayak Kalteng kepada Jenderal TNI Dudung Abdurachman dengan gelar kehormatan Mantir Hai Panambahan, Antang Pasihai, Karambang Pulau Mandereh Danum, Hambalat Nusa Hapamantai Tambun, Pisan Maruntai Paluru Barantai, Mandui Asep Sandawa Laut yang berarti seseorang yang gagah berani, disegani, arif bijaksana, ahli strategi, mampu menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Gelar Kehormatan Adat Dayak Kalteng tersebut diberikan sebagai bentuk penghormatan dan kepercayaan masyarakat adat Dayak Kalteng sebagai dukungan moral dalam pelaksanaan tugas dan dalam upaya menjaga serta melestarikan kearifan lokal.

Atas gelar tersebut, Jenderal Dudung menyampaikan ucapan terima kasih kepada Gubernur Kalteng beserta jajaran dan para Ketua Adat Kalteng karena telah menganugerahi dirinya sebagai tokoh Adat di Kalteng. 

Diungkpkan Jenderal Dudung, pada KKN Kebangsaan ke-10 dan KKN Bersama tahun 2022, dirinya kan memberikan kuliah umum kepada seluruh Mahasiswa yang ada di Kalteng.[kenedy/adv]


loading...