Jelang Pilkades Serentak, Logistik Mulai Didistribuksikan

Jelang Pilkades Serentak, Logistik Mulai Didistribuksikan

LOGISTIK Pilkades serentak Kapuas 2022 mulai didistribusikan.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Logistik untuk pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak 2022 di Kabupaten Kapuas mulai didistribusikan, Sabtu (23/7/2022).

Pergerakan logistik dari Media Center, Aula Kantor Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa (DPMD) di Jalan Tambun Bungai, Kuala Kapuas.

Selanjutnya logistik Pilkades, berupa surat suara, bilik suara, kotak suara, bantalan, tinta, paku, gembok dan lainnya didisribusikan ke 17 kecamatan, diteruskan ke 155 desa dan 401 Tempat Pemungutan Suara (TPS) masing-masing desa.

"Hari ini logistik untuk Pelaksanaan Pilkades Serentak tahun 2022 Kabupaten Kapuas mulai didistribusikan," kata 
Kepala Dinas PMD Kapuas, Yanmarto SH M.Hum.

Lanjutnya, sebelum itu dilaksanakan apel gelar pasukan pengamanan Pilkades serentak Kapuas 2022 oleh Polres Kapuas, yang mana nantinya pengiriman logistik dikawal ketat petugas kepolisian.

"Aparat kepolisian dari Polres Kapuas mengawal pergerakan logistik ini dari kabupaten ke desa dan sebaliknya," kata Yanmarto.

Estimasi waktu pendistribusian logistik Pilkades ini dijadwalkan mulai Sabtu, 23 Juli ini hingga H-1 pelaksanaan pemungutan suara.

Ia menuturkan, logistik setelah sampai di desa dilakukan lagi pemeriksaan dan perhitungan oleh panitia desa dihadapan aparat kemanan, BPD dan masyarakat.

"Distribusi ini memperhatikan dua hal pertama kita mendahulukan wilayah atau jarak tempuh yang jauh, terisolir itu diutamakan," sebutnya.

Kemudian untuk wilayah desa-desa yang jumlah pemilhnya banyak meskipun dekat tetap diprioritaskan didahulukan pendistribusian.

"Sehingga tersedia cukup waktu menghitung dan mendatanganinya," kata Yanmarto.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama