Jelang Idul Adha, Bupati Sukamta Tenangkan Peternak agar Tidak Perlu Panik Soal PMK

Jelang Idul Adha, Bupati Sukamta Tenangkan Peternak agar Tidak Perlu Panik Soal PMK

BUPATI Sukamta mengajak Anggota DPRD Tanah Laut ikut menenangkan peternak agar tidak panik soal PMK.| foto : andra

PELAIHARI - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah, Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta berupaya menenangkan para peternak agar tidak perlu panik dalam menghadapi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Sukamta menegaskan, dinas teknis sudah melakukan pengobatan dan pencegahan secara intensif. Ia ingin tidak ada kepanikan berlebih yang dialami oleh peternak.

Orang nomor satu di Tala itu mengajak para legislator agar membantu menenangkan para peternak saat dirinya menyampaikan jawaban terhadap pemandangan umum fraksi-fraksi atas Raperda tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD tahun 2021, pada Rapat Paripurna, Senin (4/7/2022). 

"Mari kita sampaikan ke peternak, penyakit ini tidak mematikan sebagaimana penyakit Jembrana. Tentu, harus dibarengi dengan kebersihan kandang dan perawatan dengan baik," jelas Sukamta.

Dirinya bahkan telah menginstruksikan vaksinasi secara massal harus dijalankan dengan target harian. Dokter hingga penyuluh dapat dikerahkan dalam menjalankan Instruksi ini agar masyarakat khususnya peternak semakin tenang.

"Target harian sebanyak 2000 vaksin. Jika vaksin tidak cukup, saya bersama wakil bupati yang akan menghadap menteri meminta vaksin. Karena kita berpacu dengan waktu," ucapnya yang disambut tepuk tangan para wakil rakyat.

Sukamta juga membeberkan kebijakan mengenai pengiriman hewan kurban yang akan disiapkan menjelang Hari Raya Idul Adha nanti. Ia ingin hewan ternak dari Tala harus satu hari sebelum pemotongan baru dikirim. 

"Kita tidak ingin Tala dianggap sebagai daerah penularan PMK hanya karena hewan yang dikirim terlalu cepat ke daerah tujuan yang padahal terinfeksi PMK di daerah itu," beber bupati.

Rapat paripurna ini merupakan lanjutan dari Rapat Paripurna sebelumnya dengan agenda penyampaian pemandangan umum fraksi-fraksi DPRD Tala terhadap Raperda Tentang Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD 2021.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama