Hadiri Pemilihan, Ini Harapan Anggota DPRD Kapuas kepada Damang Adat Terpilih

Hadiri Pemilihan, Ini Harapan Anggota DPRD Kapuas kepada Damang Adat Terpilih

LEGISLATOR dr HM Rosihan Anwar saat menghadiri pemilihan Ketua Damang Adat Selat.| foto : zulkifli 

KUALA KAPUAS - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, dr HM Rosihan Anwar menghadiri acara pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Selat di aula Kantor Kecamatan Selat, Jalan Tambun Bungai Kuala Kapuas, Senin (18/7/2022).

Dalam kesempatan itu, wakil rakyat dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menyampaikan apresiasi atas pelaksanaan pemilihan kepala Damang Adat Selat yang berlangsung secara demokratis.

"Kepala Damang Adat Kecamatan Selat terpilih kita harapkan tingkatkan pembinaan. Suku Dayak lebih tingkatkan persatuan dan bekerjasama sengan suku-suku lain yang ada di wilayah ini," kata Rosihan, di sela kegitan pemilihan.

Ia juga mengharapkan kepada Damang Kepala Adat yang baru dapat menjadi mitra pembangunan dan berkontribusi dalam pembangunan di Kabupaten Kapuas, guna terwujudnya masyarakat yang semakin inovatif, maju, berkeadilan dan sejahtera.

"Kita harapkan kepada Damang Kepala Adat terpilih, untuk dapat menjalin kerja sama yang baik, bersinergi dengan unsur kecamatan, para Mantir Adat, tokoh agama dan tokoh masyarakat yang ada di wilayah masing-masing,” pesannya.

Camat Selat Yaya Setia Budi, selaku Ketua Panitia Pemilihan Damang Kepala Adat Kecamatan Selat, Kabupaten Kapuas menyampaikan pemilihan diikuti tiga orang kandidat, Manli D Apil berhasil terpilih dengan perolehan 32 suara, rivalnya Hendri S Dinan 27 suara dan Yudija Kusuma Jaya dengan 1 suara.

Untuk diketahui, Damang Kepala Adat adalah pimpinan adat dari satu kedamangan yang terpilih berdasarkan hasil pemilihan oleh unsur desa dan unsur kelembagaan kedamangan adat Dayak yang masuk dalam wilayah tersebut. 

Keberadaan Damang dalam satu wilayah memiliki peran yang strategis sebagai mitra pemerintah daerah, Damang Kepala Adat memiliki peran dan fungsi membantu menangani permasalahan adat istiadat yang ada di wilayahnya 

Selain itu, Damang Kepala Adat berperan dalam pengembangan budaya dan kearifan lokal.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama