Dikelola dengan Benar, Potensi Parkir Bisa Hasilkan PAD

Dikelola dengan Benar, Potensi Parkir Bisa Hasilkan PAD

ANGGOTA DPRD Barito Selatan (Barsel), Rusinah Andelen.| foto : deni

BUNTOK - Keberadaan lahan parkir, baik roda dua maupun empat, cukup membuat halaman kantor ataupun tempat umum, menjadi tertib dan teratur.

Sejatinya jika lahan parkir dikelola dengan baik dan benar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) melalui instansi terkait, tak mustahil bisa menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD) cukup signifikan.

Menurut anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barito Selatan (Barsel), Rusinah Andelen, Pemkab Barsel tentu harus berupaya meningkatkan PAD di sektor parkir melalui terobosan jitu. 

"Walau pun hal itu dengan cara-cara sederhana, namun tepat sasaran," tuturnya, Selasa (26/7/2022).

Melalui instansi terkait, lanjutnya, mengelola lahan parkir di halaman kantor, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Perusahaan Daerah (Perusda), halaman Kantor DPRD, dan halaman Puskesmas di Kota Buntok, cukup bisa menambah pemasukan bagi PAD.

Politisi Partai Nasional Demokrat (Nasdem) Barsel ini mengatakan, Pemkab Barsel melalui instansi terkait tentu sangat bisa mengelola lahan parkir di tempat-tempat keramaian.

"Seperti taman, pasar induk, tempat keramaian hiburan ketika ada kegiatan event dan hiburan lainnya yang memanfaatkan fasilitas stadion milik daerah," terangnya.

Apabila hal itu bisa terkelola dengan baik dan benar, lanjut wanita berjilbab ini, tentu bisa juga mengurangi angka pengangguran di Barsel.

“Karena dalam pengelolaan lahan parkir tersebut memerlukan banyak personel. Tentunya para honorer yang tidak diperpanjang kontraknya pada dinas-dinas SOPD di Barsel, bisa dimanfaatkan sebagai petugas lapangan dalam mengelola lahan parkir itu. Tetapi mereka diberikan SK baru dalam mengelola lahan parkir itu,” pungkasnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama