Sukseskan BIAN, Nakes dan Petugas Puskesmas Diminta Sosialisasikan ke Masyarakat

Sukseskan BIAN, Nakes dan Petugas Puskesmas Diminta Sosialisasikan ke Masyarakat

TIM surveilans dan imunisasi Dinkes Kapuas saat supervisi pelaksanaan BIAN.| foto : diskominfokps

KUALA KAPUAS - Tenaga kesehatan (nakes) dan petugas di Puskesmas diminta terus mensosialisasikan Bulan Imunisasi Anak Nasional (BIAN) yang berlangsung sejak 18 Mei hingga 18 Juli 2022 mendatang.

Plt Kepala Dinkes Kapuas, dr Hj Tri Setyutami melalui Kabid Pencegahan dan pengendalian penyakit Dinkes Kapuas, dr Tonun Irawaty menyampaikan hal itu guna suksesnya pelaksanaan BIAN.

"Kepada petugas di Puskesmas-Puskesmas agar terus mensosialisasikan pelaksanaan BIAN, terutama kepada sekolah-sekolah yang ada di wilayah kerja, agar anak-anak dapat menerima imunisasi," katanya.

"Karena ini penting sekali dilaksanakan. Juga peran dari orangtua anak-anak diharapkan mendukung program tersebut," kata dr Tonun.

Ditambahkan, tim seksi surveilans dan imunisasi dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas telah melakukan supervisi pelaksanaan BIAN salah satunya di wilayah kerja UPT Puskesmas Tamban Catur.

"Program BIAN sendiri dilaksanakan serentak di puskesmas, Fasyankes lain, Posyandu, sekolah dan pos imunisasi lainnya, di wilayah Kabupaten Kapuas," terangnya.

dr Tonun menyampaikan bahwa BIAN adalah upaya yang dilakukan oleh pemerintah untuk melindungi anak dari penyakit polio, difteri, tetanus, pertusis, atau batuk rejan, hepatitis B, campak, dan rubela.

“Yakni dengan memberikan imunisasi tambahan campak rubela bagi seluruh sasaran sesuai ketepatan dan imunisasi polio (OPV dan IPV) serta DPT-HB-Hib apabila anak belum lengkap status imunisasi sebelumnya,” katanya.

Selama pencanangan BIAN diharapkan orang tua segera membawa anak ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat atau pos pelayanan imunisasi untuk mendapatkan imunisasi rutin.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama