Sukamta Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Lingkungan

Sukamta Ajak Masyarakat Jaga Kualitas Lingkungan

PELAIHARI - Peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia (HLHS) yang jatuh setiap 5 Juni, menjadi momentum bagi Bupati Tanah Laut (Tala), HM Sukamta. Karenanya Ia mengajak masyarakat agar bersama menjaga kualitas lingkungan sekitar, dengan setidaknya melakukan dua hal.

"Mari perbanyak menanam pohon dan kelola sampah. Karena ini masalah kita bersama bersama," ujarnya usai memperingati HLHS 2022 bersama jajaran Pemkab Tala dan unsur Forkopimda di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Taman Kijang Mas Permai, Minggu (5/6/2022).

Soal sampah, menurutnya jangan lagi memandang hanya sebagai sisa dari hal yang tak terpakai. Karena masih ada sampah yang memiliki nilai ekonomi tinggi. Apalagi Pemkab Tala kini tengah menjalin kerjasama dengan PT. Pegadaian. 

"Sampah kita dapat dikonversi menjadi emas hasil kerjasama dengan pegadaian. Jadi, tolong pisahkan sampah, lalu dimanfaatkan, sehingga memiliki nilai yang luar biasa," sambungnya.

Ia juga berharap agar masyarakat tidak menebang pohon melainkan menanam. Dengan demikian, apabila kita turut memelihara lingkungan, bumi akan semakin baik serta dapat memberikan dampak kesejahteraan bagi masyarakat.

Pada saat yang sama, Kepala DPRKPLH Tala, Ismail Fahmi membeberkan kepada awak media bagaimana program hasil kerjasama dengan pegadaian ini bisa turut diikuti oleh masyarakat.

"Teknisnya, masyarakat mengumpulkan sampah lewat Bank Sampah, kemudian dijual dan hasilnya ditabung di pegadaian dengan konversi hasil tabungan berupa emas," ujar Fahmi.

Saat ini, program sampah jadi emas memang masih dijalankan oleh para pegawai DPRKPLH dengan nama Pilih Kumpul Antar Menjadi Emas alias PIKUL AMAS sebagai pilot project. 

Kendati demikian, masyarakat yang tertarik untuk mengikuti juga dapat langsung melaksanakan dan dapat menghubungi DPRKPLH jika butuh info lebih lanjut.

Pada kesempatan ini juga, Pemkab Tala mendapatkan dana CSR dari PT. CPKA untuk pembuatan halte sampah. 

Selain itu, bupati juga menyerahkan bibit pohon kepada beberapa komunitas serta dua sekolah dasar peraih adiwiyata yaitu SDN Angsau 1 dan SDN Bumi Jaya 2 serta dilakukan penanaman pohon serentak di lingkungan RTH tersebut.[advertorial]


Lebih baru Lebih lama