Salut, Program Home Care Jangkau Hingga Pelosok Terpencil Begini Perjuangan Puskesmas Uren

Salut, Program Home Care Jangkau Hingga Pelosok Terpencil Begini Perjuangan Puskesmas Uren

PROGRAM Home Care, Bupati Balangan Abdul Hadi dirasakan masyarakat hingga di pelosok terpencil.| foto : UPT Puskesmas Uren

PARINGIN - Salut, UPT Puskesmas Uren Kecamatan Halong  Kabupaten Balangan terus berikan  pelayanan kesehatan gratis ke rumah-rumah warga hingga ke pelosok terpencil.

Melalui program home care, dari Bupati Balangan H Abdul Hadi kini, masyarakat yang berada di Daerah terpencil di Balangan juga ikut merasakan pelayanannya.

Seperti yang disampaikan Staf UPT Puskesmas Uren yang juga sekaligus Koordinator Lapangan Home Care, Ridwan Syahrani, Ia menyebut banyak tantangan yang harus dilalui saat memberikan pelayanan kepada masyarakat di pelosok.

"Beratnya medan  yang ditempuh, kadang kepanasan dan kehujanan, bahkan harus jalan kaki 4 sampai 6 jam," ujarnya.

Karena, lanjutnya, ada enam daerah di Kecamatan Halong yang sangat terpencil dan 9 anak Desa yang berbeda di pelosok.

"Kami juga sering memberikan pelayanan kesehatan di daerah terpencil pada malam hari, karena kalau siang hari kebanyakan masyarakat berada di kebun," sebutnya.

Kendal yang mereka lalui, selain jalan yang tidak bisa dilalui  roda empat, juga masih minimnya alat transportasi motor roda dua untuk menjangkau ke daerah-daerah terpencil.

Ia juga mengatakan, sudah ada 34 pasien yang ditangani Puskesmas Uren di program home care yang kebanyakan pasien dari lansia dengan penyakit penyerta.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama