Petani Porang di Balangan Berkumpul Ikuti FGD yang Digelar DKP3

DKP3 Gelar FGD Bahas Proses Lahan, Sertifikasi Benih dan Pengembangan Porang di Balangan.| foto: istimewa

PARINGIN - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKP3) Pemkab Balangan menggelar kegiatan Focus Group Discussion (FGD) bersama petani Porang, bertempat di Aula DKP3, Kecamatan Paringin Selatan, Kamis (2/6/2022).

Kepala Dinas DKP3 Balangan, Tuhalus menyampaikan, kegiatan FGD tersebut membahas proses lahan, sertifikasi benih dan pengembangan porang melalui pokar serta kondisi pemasaran porang.

"FGD ini telah mempertemukan baik petani Porang, perbankan, instansi instansi terkait yang membidangi jenis porang ini," ujarnya.

Kegiatan tersebut, tambahnya, sengaja dilakukan untuk menjawab keluhan masyarakat tentang pemasaran porang.

"Kita juga telah menggagahi perkembangan pemasaran porang baik itu di Indonesia maupun luar negeri, Porang ini sudah melemah harganya saat ini," tuturnya.


Karena memang, lanjutnya, perlu adanya upaya-upaya untuk penanganan dan pemenuhan terhadap persyaratan apa yang dipersyaratkan eksportir.

Salah satunya yakni petani atau kelompok  harus terregistrasi lahannya.

Dalam rangka upaya tersebut pihaknya, akan memicu sehingga  petani punya register lahan dan juga menghindari adanya kecurangan, serta mempermudah eksportir keluar negeri.

Ia akan mendukung penuh dan akan mempercepat register tersebut, kemudian pihaknya menggunakan varietas lokal yang bersertifikasi benih dan  juga pengembangan porang itu sendiri.[agus/adv]


loading...