22.000 Benih Ikan Gabus Dilepas di Danau Baruh Bahinu Dalam

MELALUI kegiatan restocking ikan lokal (Gabus), Dinas Kelautan dan Perikanan Kalsel dan DKP3 Balangan lepas liarkan 22.000 benih ikan gabus.| foto : istimewa

PARINGIN - Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kalimantan Selatan bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Pemkab Balangan, melepas 22.000 bibit ikan Gabus di Danau Baruh Bahinu Dalam, Desa Binjai Kecamatan Paringin Selatan, Kamis (2/6/2022).

Melalui kegiatan restocking ikan lokal (Gabus), program pengelolaan perikanan tangkap di Kabupaten Balangan.

Sekertaris DKP3 Balangan, Abdul Rahman Rahimi mengatakan, dalam kegiatan restocking kali ini dilakukan pelepasan bibit ikan gabus di Danau Baruh Bahinu Dalam.

"Sebanyak 22.000 bibit ikan gabus dilepas liarkan di Danau Baruh Bahinu Dalam," ujarnya.

Tujuan dari kegiatan restocking tersebut guna meningkatkan stok populasi ikan, melestarikan keanekaragaman ikan, meningkatkan gizi masyarakat dengan mengkonsumsi ikan, dan meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar. 

"Mudah-mudahan benih ikan yang ditebar bisa berkembang biak dengan baik, sehingga memberikan manfaat bagi masyarakat dan lingkungan," tutupnya.

Diketahui Kabupaten Balangan sendiri memiliki potensi luasan perikanan 864.5 Ha, data statistik 2020 produksi perikanan 952 ton/tahun, pada tahun 2021 menjadi 885 ton/tahun.

Penurunan terjadi karena penangkapan berlebih yang dilakukan, sedangkan kurangnya stok ikan di alam lestari, juga penangkapan ikan dengan alat yang di larang seperti putas maupun setrum yang dapat merusak ekosistem bawah air.[agus/adv]


loading...