Melalui Lomba Posyantek DPMD Kapuas Harapkan Inovasi TTG di Desa Terus Berkembang

KEPALA DPMD Kapuas Yanmarto.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Keberadaan Pos pelayanan tekhnologi (Posyantek) di desa ataupun kelurahan sebagai lembaga pelayanan tekhnologi tepat guna (TTG) diharapkan mampu memberikan pelayanan teknis, informasi dan orientasi berbagai jenis TTG.

Melalui lomba Posyantek desa aktif dan berprestasi seleksi TTG, penunjukan TTG unggulan tingkat kabupaten, yang digelar DMPM Kapuas mengharapkan bagi desa dan kelurahan terus menggali potensi daerahnya melalui penerapan inovasi Teknologi Tepat Guna, demi kesejahteraan masyarakat luas.

Kepala DPMD Kapuas, Yanmarto, SH, M.Hum menyampaikan, Posyantek adalah lembaga yang ada di desa dan sebagai agen pembangunan. 

"Untuk itu kami menginginkan melalui lomba Posyantek yang diselenggarakan ini dapat memotivasi mereka untuk lebih aktif dan berkembang, diharapkan nantinya muncul inovasi-inovasi TTG di desa, Ini juga guna menjawab atau mengatasi persoalan di masyarakat dan adanya fungsi pemberdayaan di desa," kata Yanmarto, Kamis (23/6/2022).

Pihaknya berharap inovasi ini tidak terhenti pada ajang lomba saja, hasil inovasi dalam ajang tersebut tidak hanya konsep tapi teknologi yang matang untuk bisa diimplementasikan kepada masyarakat.

Diketahui di tahun 2022 ini Pemkab Kapuas melalui DPMD menggelar  lomba, Posyantek inovasi TTG dan penunjukan TTG unggulan  tingkat kabupaten.

Kegiatan tersebut bertujuan memberikan seluas-luasnya kepada masyarakat melalui desa dan kelurahan dalam menggali potensi-potensi masyarakat melalui pemberdayaan sehingga masyarakat bisa berkreasi, berinovasi dari hasil lomba TTG diharapkan bisa dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat juga. 

Kabid Pemberdayaan Desa dan Kelurahan DPMD, Syaiful Fadjri, S.STP, MPA mengatakan, lomba Posyantek desa aktif dan berprestasi diikyri sebanyak 14 Posyantek yang telah disaring melalui seleksi administratif.

"Selanjutnya masuk ke tahap presentasi atau paparan. Mereka langsung dinilai oleh dewan juri untuk menentukan  tiga besar terbaik," katanya.[zulkifli]


loading...