Legislator Tanggapi Penggalangan Donasi untuk Kontingen Popprov Bartim

AKSI penggalangan donasi untuk Kontingen Popprov Bartim.| foto: istimewa

TAMIANG LAYANG - Penggalangan donasi untuk kontingen Barito Timur (Bartim) yang akan berlaga pada Pekan Olahraga Pelajar Provinsi atau Popprov Kalimantan Tengah (Kalteng) 2022 yang dilakukan Forum Koin Kepedulian mendapat apresiasi dari kalangan legislator setempat.

"Kita cukup prihatin dengan kondisi di Barito Timur ini, khususnya perkembangan dunia olahraga, support yang terkait dengan pendanaan untuk pengembangan prestasi di bidang olahraga kurang begitu berpihak," tutur Ketua Komisi II DPRD Bartim, Wahyudinnoor, Jumat (24/6/2022).

Diungkapkannya, saat pembahasan anggaran, DPRD telah meminta untuk menaikkan anggaran KONI karena eksekutif hanya menganggarkan Rp100 juta.

Dirinya menilai, dengan anggaran sebesar itu dan dibandingkan dengan jumlah pengurus cabang olahraga yang ada di Bartim tidak memadai untuk pengembangan olahraga, apalagi untuk membawa kontingen ke luar daerah.

"Kita berharap minimnya anggaran tidak mengurangi daya juang atlet yang akan berkompetisi di Popprov 2022 ini," harapnya.

Selain itu, dirinya mengucapkan terima kasih kepada Forum Koin Kepedulian dan pihak-pihak yang telah peduli dengan kontingen yang berjuang di Popprov.

"Semoga ini menjadi catatan kepala daerah, sehingga hal seperti ini tidak lagi terulang dan pengelolaan anggaran untuk pengembangan prestasi olahraga ke depan lebih baik lagi," tegasnya.

Sementara itu, Penanggung Jawab kegiatan Erwin Nakalelo didampingi Koordinator Lapangan Roni Suriyadi menjelaskan, aksi penggalangan donasi tersebut merupakan bentuk kepedulian sekaligus mendorong keterlibatan dan kepedulian pihak lain terhadap kontingen Bartim yang berlaga di Popprov Kalteng 2022.

"Walaupun hasil penggalangan donasi tersebut tidak seberapa, paling tidak kami telah berusaha menggugah kepedulian berbagai pihak termasuk pemerintah daerah agar ke depan lebih peduli terhadap atlet-atlet asal Barito Timur yang akan tampil dalam berbagai ajang," ujarnya.

Erwin juga menyampaikan harapannya agar Pemkab Bartim lebih serius dan maksimal dalam pembinaan olahraga, termasuk persiapan penganggaran untuk menghadapi Porprov Kalteng 2023 mendatang, sehingga dalam ajang tersebut atlet Bartim dapat meraih prestasi yang gemilang.

"Kejuaraan olahraga daerah bahkan nasional itu merupakan tanggung jawab pemerintah. Dengan dukungan dari pemerintah, KONI juga bisa melakukan pembinaan dengan optimal," imbuhnya.

Diketahui, penggalangan donasi tersebut dilakukan selama tiga hari, yakni dari tanggal 22 hingga 24 Juni 2022 dengan mengambil tempat di jalan A Yani depan Kantor Bupati Bartim, Pasar Tamiang Layang, Komplek Pertokoan Sulung Tamiang Layang, dan Pasar Ampah.[siti]


loading...