Kupang Bersih Wakili Bartim di Lomba Desa Tingkat Provinsi, Ini Harapan Bupati

Kupang Bersih Wakili Bartim di Lomba Desa Tingkat Provinsi, Ini Harapan Bupati

BUPATI saat mendampingi Ketua TP-PKK Kabupaten Bartim membeli sayur yang dijual oleh warga Desa Kupang Bersih.| foto: istimewa

TAMIANG LAYANG - Desa Kupang Bersih Kecamatan Pematang Karau terpilih mewakili Kabupaten Barito Timur (Bartim) mengikuti Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Tahun 2022.

Menanggapi hal tersebut, Bupati Bartim Ampera AY Mebas sangat mengharapkan Desa Kupang  menang dalam lomba desa tingkat Provinsi itu.

Dengan kemenangan tersebut, ungkapnya, akan berdampak baik untuk Desa Kupang Bersih sendiri kedepannya, dan juga berdampak positif bagi desa-desa di wilayah Kabupaten Bartim. 

Dijelaskannya, lomba desa pada hakekatnya untuk menguatkan kerukunan masyarakat, melalui partisipasi, kerjasama serta kemandirian masyarakat dalam pembangunan desa yang tandai dengan peningkatan kualitas kehidupan masyarakat, dibidang ekonomi, sosial budaya, sosial politik, serta terpeliharanya lingkungan hidup yang mendukung pembangunan berkelanjutan.

"Digelarnya lomba desa ini untuk mengevaluasi secara menyeluruh dan terpadu kegiatan pembangunan desa, baik yang bersumber dari keuangan pemerintah maupun swadaya masyarakat dalam rangka memotivasi dan mengapresiasi budaya gotong royong," katanya, Jumat (17/6/2022).

Orang nomor satu di Kabupaten berjuluk Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut menuturkan, pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah daerah senantiasa menunjukan perhatian terhadap pembangunan desa. 

Mengingat, tambahnya, desa merupakan entitas penyelenggaraan pemerintahan dan pelayanan publik, yang bersentuhan langsung dengan kepentingan masyarakat.

Diketahui bahwa pada hari Selasa 14 Juni 2022, lalu, Tim Penilai Lomba Desa Tingkat Provinsi Kalteng turun langsung ke Desa Kupang Bersih melakukan verifikasi dan klarifikasi lapangan.[siti]


Lebih baru Lebih lama