Ketua Komisi III DPRD Kapuas Harapkan Pembangunan Ruas Jalan di Wilayah Hulu Tetap Dilaksanakan

Ketua Komisi III DPRD Kapuas Harapkan Pembangunan Ruas Jalan di Wilayah Hulu Tetap Dilaksanakan

KETUA Komisi III DPRD Kapuas, Kunanto di ruang kerjanya.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Ketua Komisi III DPRD Kapuas, Kunanto mengarapkan peningkatan infrastruktur 3 ruas jalan di wilayah hulu Kabupaten Kapuas, yaitu ruas jalan Pujon - Jangkang, Jangkang - Sei  Hanyo dan ruas jalan Sei Pinang - Tumbong Bukoi, tetap bisa dilaksanakan.

"Kami berharap program yang telah dicanangakan  di APBD tahun 2021 yang  bersumber dari PT SMI (Sarana Multi Infrastrukrur) yang sudah diketok 2021 tetap dilaksanakan," kata Kunanto, Kamis (2/6/2022).

Pasalnnya, kata Kunanto, kebutuhan akses jalan penghubung yang memadai untuk masyarakat di wilayah itu sangat mendesak dan dibutuhkan.

"Karena kondisi jalan yang ada di sana pada tiga ruas itu sangat memprihatinkan terisolir untuk masyarakat menjangkau ke akses kota," katanya.

Menurut Kunanto, rencana pembangunan tiga ruas jalan itu sebelummya sudah dianggarkan melalui sumber dana pinjaman dari PT SMI, namun dalam perjalanannya lelang yang telah dilaksanakan dibatalkan.

Pasca itu, pemerintah daerah kemudian mengusulkan untuk perubahan atau pergeseran mata anggaran.

"Harapan kami adanya surat Bupati Kapuas kemaren untuk perubahan mata anggaran. Harapan kami seluruh teman-teman di DPRD setuju, pembangunan jalan di daerah hulu tetap terlaksana, untuk kepentingan masyarakat," katanya. 

Menurut Politisi Nasdem ini, jika sebelummya rencana pembangunan tiga ruas jalan itu pendanaannya bersumber dari pinjaman PT SMI, selanjutnya dapat dilaksanakan melalui anggaran yang bersumber dari APBD Kapuas.

"Yang dulunya bersumber  dari pinjaman PT. SMI dialihkan dengan anggaran reguler program multi years, pembayarannya melalui APBD 2022, 2023 dan 2024. Dan program ini sudah disetujui di APBD 2021, cuma tidak bisa dilaksanakan karna ada proses peminjaman SMI itu yang kurang menguntungkan daerah. Kami meminta dianggaran melalui APBD, lewat program tahun jamak," ungkapnya.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama