Kesbangpol Gelar Pembinaan dan Pengawasan Ormas Provinsi Kalteng

Kesbangpol Gelar Pembinaan dan Pengawasan Ormas Provinsi Kalteng

ASISTEN Pemerintahan dan Kesra membuka kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Ormas Provinsi Kalteng

PALANGKA RAYA - Bertujuan untuk menjalin solidaritas dan kerjasama yang baik antara  Organisasi Kemasyarakatan (Ormas), Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) dan Pemerintah dalam menyikapi persoalan sosial, kemasyarakatan, mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta memperkokoh persatuan bangsa.

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) menggelar kegiatan Pembinaan dan Pengawasan Ormas yang dilangsungkan di Aula Eka Hapakat Kantor Gubernur Kalteng, Senin (20/6/2022).

Kegiatan dengan tajuk "Peran Strategis Ormas Serta Keterlibatan PKK Dalam Mendukung Pembangunan Daerah dan Memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa" tersebut dihadiri Plt Kepala Kesbangpol Provinsi Kalteng Ahmad Husein dan perwakilan sejumlah Forkopimda, perwakilan ormas adat, dan ormas perempuan di Kalteng.

Gubernur Kalteng, H Sugianto Sabran melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Katma F Dirun menyampaikan, persoalan sosial kemasyarakat bukan tidak mungkin terjadi karena kurangnya pemahaman dan pengalaman Pancasila. 

"Pengamalan Pancasila perlu ditanamkan, dengan cara pembentukan karakter sedari dini melalui keluarga dan kehidupan sosial kemasyarakatan," ucapnya menyampaikan amanat Gubernur saat membuka kegiatan itu.

PKK, lanjutnya, sebagai organisasi mitra pemerintah yang bersentuhan langsung dengan masyakat dan keluarga pada khususnya diharapkan dapat berjalan beriringan, bersinergi, dan berkerjasama dengan baik.

Sehingga dapat membantu pemerintah dalam merumuskan kebijakan yang efektif dan efisien dalam menyikapi permasalahan sosial kemasyarakatan, mendukung percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat serta memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

"Kehadiran PKK di tengah-tengah kita sangat diharapkan agar mampu bersinergi, mengintegrasikan program PKK dengan program kegiatan ormas-ormas di Kalteng," tuturnya.

Segenap pengurus ormas, PKK bersama dengan pemerintah, diharapkan mampu membangun suasana harmonis dan demokratis dengan tetap menjunjung tinggi semangat kebersamaan, persatuan dan kesatuan serta sikap nasionalisme dalam semua aspek kehidupan bernegara. 

"Diharapkan, ormas, PKK bersama dengan pemerintah dapat memberikan dan mendharmabaktikan yang terbaik demi kemajuan dan kejayaan Negara Kesatuan Republik Indonesia," tukas Katma menyampaikan amanat Gubernur. 

Adapun narasumber yang dihadirkan dalam kegiatan itu, yakni Tukas dari Bappedalitbang Kalteng, dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, dr Ina Aden mewakili TP-PKK Kalteng.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama