Harjad Pulang Pisau, Sekda: Pameran dan Karnaval belum Bisa Dilaksanakan

RAPAT persiapan Harjad ke-20 Kabupaten Pulang Pisau.| foto : manan

PULANG PISAU - Tepat 2 Juli 2022 ini, Kabupaten Pulang Pisau genap berusia 20 tahun. Pada tanggal tersebut pula Hari Jadi (Harjad) salah satu kabupaten di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng) ini diperingati. 

Dalam beberapa tahun terakhir ini, akibat dilanda Pandemi Covid-19 yang cukup panjang, rangkaian kegiatan tak semeriah seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Meski begitu, pelaksanaannya tetap berjalan dengan khidmad meski berlangsung secara sederhana. 

Di tahun genap ini, Pemkab Pulang Pisau kembali menggelar rapat persiapan menyambut momentum tersebut. 

Rapat dihadiri pimpinan ASN dalam hal ini Sekda bersama pejabat di lingkungan Pemkab setempat. 

"Iya, tadi kita bersama para pejabat rapat membahas persiapan Harjad Pulang Pisau. Kegiatan kita pusatkan di kantor Bupati," kata Sekda Pulang Pisau, Toni Harisinta, saat diwawancarai awak media, Selasa (7/5/2022). 

Disampaikan Toni sapaan akrab Sekda Pulang Pisau, Harjad tahun 2022 kali rangkaian kegiatan tidak ada pameran dan karnaval. Hal itu, ungkapnya, karena pandemi Covid-19 belum dilaporkan secara resmi aman. 

"Jadi, kenapa kita tiadakan pesta rakyat semacam hiburan seperti pawai karnaval dan pameran karena menjaga kerumunan orang banyak. Meski Covid-19 sudah melandai, tapi kan belum aman," ujar Toni. 

Meski tak ada pameran dan karnaval, lanjut Toni, rangkaian kegiatan seperti festival budaya yang berlangsung di lokasi-lokasi tertentu dengan jadwal yang sudah ditentukan panitia pelaksana nantinya.

"Kegiatan Mamapas Lewu juga nanti menjadi bagian dari rangkaian kegiatan di momentum Harjad Pulang Pisau hingga memasuki Hari Kemerdekaan RI Agustus nanti," tutupnya. 

Sementara perlu diketahui, upacara Harjad yang jatuh pada 2 Juli mendatang akan mengundang Gubernur Kalimantan Tengah, H Sugianto Sabran sebagai pemimpin upacara.

Sedangkan untuk Ketua Panitia Pelaksana sendiri dipercayakan kepada Hj Nunu Andriani Edy Pratowo yang juga menjabat sebagai Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Pulang Pisau.[manan]


loading...