Dinkes Kapuas Deteksi Dini Faktor Risiko PTM Cegah Penyakit Tidak Menular

Dinkes Kapuas Deteksi Dini Faktor Risiko PTM Cegah Penyakit Tidak Menular

PEMERIKSAAN kesehatan ASN Dinkes Kapuas deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular.| foto : dinkeskps

KUALA KAPUAS - Deteksi dini dan pemantauan faktor risiko penyakit tidak menular (PTM) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Kapuas, melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada ASN di lingkungan Dinkes Kapuas, di aula Dinas Kesehatan setempat baru-baru ini.

Plt Kepala Dinkes Kapuas dr Hj Tri Setyautami menyampaikan, kegiatan itu juga dalam rangka memperingati Hari Hipertensi sedunia dan Bulan Deteksi Dini Penyakit Tidak Menular tahun 2022.

"Tujuankegiatan tersebut adalah untuk menemukan secara dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM). Sebab dengan  diketahuinya faktor risiko PTM, maka pencegahan dan pengendalian dapat dilakukan sedini mungkin," kata dr Tri, Kamis (9/6/2022).

Diterangkannya, bagi yang sudah menderita PTM agar rutin melakukan pemeriksaan.

"Sehingga penyakitnya dapat terkontrol dan tidak menyebabkan komplikasi,” imbuhnya.

Adapun, kegiatan deteksi dini tersebut diawali dengan wawancara tentang perilaku seperti merokok, pola makan, aktifitas fisik, riwayat penyakit diri sendri dan keluarga.

Selanjutnya dilakukan pengukuran antropometri yaitu berat badan, tinggi badan, IMT dan lingkar perut.

"Kemudian dilakukan juga pengukuran tekanan darah, pemeriksaan gula darah, cholesterol, asam urat (bila perlu)," kata dr Try.

Dilanjutkan, hasil pengukuran, pemeriksaan dan faktor risiko yang ditemukan ditindaklanjuti dengan konseling kesehatan.

Dijelaskannya, kegiatan deteksi dini rutin dilakukan setiap tahun, dengan harapan semua pegawai selalu dalam kondisi sehat sehingga dapat meningkatkan kinerja dan produktifitas.

"Kepada semua ASN diminta agar selalu menerapkan gaya dan pola hidup sehat," pesannya.

Yakni sesuai yang dikampanyekan melalui Gerekan Kesehatan Masyarakat atau Germas dan Cerdik yakni Cek Kesehatan secara teratur, enyahkan asap rokok, rajin olah raga, diet seimbang, istirahat cukup dan kelola stres.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama