Avina Fairid Naparin : Wujudkan Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga

Avina Fairid Naparin : Wujudkan Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga


PALANGKA RAYA - Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin membuka kegiatan Pelatihan Pengendalian Hama dan Penyakit Tanaman tahun 2022 berlokasi di Kelurahan Kalampangan Kota Palangka Raya, Sabtu (18/6/2022).

Kegiatan tersebut turut hadir Camat Sabangau, Lurah Kalampangan, Ketua Penggerak PKK Kecamatan Sabangau, Ketua Penggerak PKK Kelurahan Kalampangan, Bapak Jalan Selaku Tuan Rumah serta Peserta Pelatihan.

Ketua TP-PKK Kota Palangka Raya, Avina Fairid Naparin dalam sambutannya mengatakan pekarangan adalah lahan terbuka yang terdapat di sekitar rumah tinggal. Lahan jika dipelihara dengan baik akan memberikan lingkungan yang menarik, nyaman dan sehat serta menyenangkan.

“Lahan pekarangan memiliki potensi besar dalam mewujudkan ketahanan pangan berbasis keluarga, begitu juga dengan lahan pertanian, hanya saja pemanfaatan pekarangan belum dilakukan secara maksimal padahal jika dioptimalkan dapat ditanami beragam jenis tanaman yang dapat memenuhi ketersediaan pangan bagi keluarga,” ucap Avina.

Avina Fairid Naparin : Wujudkan Ketahanan Pangan Berbasis Keluarga

Avina menyebutkan bahwa satu di antara masalah pemanfaatan perkarangan dan pertanian yakni tidak terkendalinya serangan hama dan penyakit pada tanaman. Hama dan penyakit tanaman dianggap sebagai permasalahan utama dalam sistem produksi pertanian di Indonesia yang dapat menyebabkan kehilangan hasil mencapai 30% per tahun.

Selain itu ada juga permasalahan yang dihadapi, yaitu penurunan kualitas lahan pertanahan, akibat degradasi tanah yang mengakibatkan rendahnya produksi dan produktivitas hasil pertanian.

Kegiatan pelatihan yang diikuti oleh 30 peserta ini bertujuan meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat. “Saya berharap kegiatan ini dapat diikuti dengan baik agar nantinya dapat diterapkan di lingkungan masing-masing,” pungkasnya. [adv]

Lebih baru Lebih lama