Tradisi Mangenta Tahun 2022 Masuk Rekor MURI

Tradisi Mangenta Tahun 2022 Masuk Rekor MURI

GUBERNUR didampingi Wakil Gubernur Kalteng ikuti prosesi tradisi mangenta.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Dalam rangkaian peringatan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Pemerintah Provinsi setempat mengikuti pencatatan Museum Rekor Indonesia (MURI) Prosesi Tradisi Mangenta Terbanyak Tahun 2022 yang digelar di Bundaran Besar, Kota Palangka Raya, Minggu (22/5/2022).

Dimana Pemprov Kalteng mendapatkan penghargaan dari MURI untuk prosesi Mangenta dengan jumlah peserta terbanyak di tahun 2022 yaitu sebanyak 1.043 peserta.

Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk pelestarian warisan budaya kuliner Kalteng. 

Dimana, ujarnya, mangenta merupakan proses mengolah bahan dari padi menjadi kenta dan ini merupakan warisan kuliner khas Kalteng sebagai kearifan lokal. 

Prosesi tradisi mangenta dengan peserta terbanyak tahun 2022 ini juga merupakan event yang memberikan motivasi dalam melestarikan warisan budaya kuliner khas Kalteng.

"Hal ini diharapkan selalu menjiwai perilaku masyarakat dalam membangkitkan semangat gotong royong dan tanggung jawab sosial, disiplin serta semangat pantang menyerah dalam kehidupan masyarakat, berbangsa, dan bernegara," tuturnya.

Gubernur berharap, melalui kegiatan itu mampu menggugah masyarakat bisa lebih mengenal kuliner khas daerah Kalteng dan kemudian ada upaya untuk pengembangannya menjadi aneka varian. 

Contoh saja, kenta coklat, kenta keju, kenta kacang dan lain lain, tidak hanya sekedar varian original saja sehingga kuliner kenta bisa menjadi kuliner modern yang digemari semua orang termasuk generasi milenial.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama