Tingkatkan Semangat Bela Negara, SMK Karsa Mulya Ikuti Pembinaan Wawasan Kebangsaan

SISWA-SISWI SMK Karsa Mulya saat mengikuti pengenalan wawasan kebangsaan.| foto : kenedy

PALANGKA RAYA - Bela Negara bukan hanya tanggung jawab TNI Polri, tapi semua warga Negara Indonesia wajib untuk membelanya.

Semangat bela negara harus dipupuk sejak dini, karena nantinya generasi muda inilah yang akan meneruskan tongkat estafet perjuangan bangsa untuk mewujudkan cita-cita para pendiri bangsa.

Terkait itu, personel Kodim 1016 Palangka Raya memberikan pembinaan dan pengenalan wawasan kebangsaan serta cinta NKRI kepada siswa SMK Karsa Mulya, Kota Palangka Raya. 

Dalam kegiatan tersebut, 7 anggota Kodim 1016/Plk diterjunkan untuk memberikan materi pembinaan dan pengenalan wawasan kebangsaan serta cinta NKRI yang dilangsunglan selama tiga hari berturut-turut, yang dimulai dari Rabu 18 Mei hingga Jumat 20 Mei 2022.

Letda Inf Triyono yang ditunjuk sebagai tertua untuk memimpin kegiatan tersebut mengakui bahwa pentingnya wawasan kebangsaan dan bela negara untuk diketahui oleh para pemuda, terutama kepada siswa sekolah yang diharapkan bisa menjadi pemimpin dimasa depan. 

"Generasi muda adalah generasi yang akan melanjutkan estafet kepemimpinan dimasa yang akan datang, untuk itu harus memiliki sikap dan mental yang terlatih, teruji, dan dapat diandalkan," ujarnya, Kamis (19/5/2022).

Selain itu, Triyono yang kesehariannya menjabat WS Perwira Seksi Perencanaan (Pasiren) Kodim 1016 ini menegaskan betapa pentingnya memiliki rasa cinta tanah air, agar bangsa Indonesia tidak mudah dijajah oleh bangsa lain. 

"Maka dari itu, seluruh warga negara Indonesia wajib membela negara, namun bela negara yang dilakukan berbeda dengan kami TNI, untuk anak muda bela negara bisa diisi dengan cara atau hal-hal positif," tegasnya.[kenedy]

loading...