Tiga Sanggar Tari Terima Alat Musik Tradisional dari Pemkab Bartim

Tiga Sanggar Tari Terima Alat Musik Tradisional dari Pemkab Bartim

PEMKAB Bartim salurkan bantuan alat musik tradisional kangkanung kepada tiga sanggar tari.| foto : istimewa

TAMIANG LAYANG - Sebagai langkah untuk memajukan seni dan budaya di Kabupaten Barito Timur (Bartim). Pemerintah setempat melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) terus melakukan pembinaan kepada sanggar-sanggar yang ada di Gumi Jari Janang Kalalawah tersebut.

Salah satunya dengan memberikan bantuan alat musik tradisional  kangkanung atau kenong kepada tiga sanggar di wilayah Kabupaten setempat, Senin (30/5/2022).

Kepala Disbudparpora Bartim, Forty Rickyannau ST MT mengungkapkan, tiga sanggar yang menerima bantuan tersebut, diantaranya Sanggar Jamuhala Maleh Desa Balawa, Sanggar Maeh Pakat Desa Janah Jari dan Sanggar Kawuri Ngamang Talam Desa Bamban. 

"Pemerintah Daerah melalui Disbudparpora baru saja menyerahkan bantuan kangkanung atau kenong kepada tiga sanggar seni di Barito Timur. Penyerahan bantuan ini salah satu wujud perhatian Pemerintah Daerah terhadap seni budaya di Gumi Jari Janang Kalalawah ini," ucapnya disela penyerahan alat tersebut yang didampingi Pejabat Fungsional Tertentu Pamong Budaya di ruang Bidang Kebudayaan.

Diuraikannya, bantuan alat musik tradisional itu merupakan program salah satu bagian dari pembinaan yang dilakukan Pemerintah setempat terhadap perkembangan seni budaya di Bartim.

"Secara bertahap dengan memperhatikan ketersediaan dana atau anggaran, Pemerintah Daerah melalui Disbudparpora akan terus mengupayakan program seperti ini dilaksanakan secara kontinyu, mengingat banyaknya sanggar-sanggar yang terdaftar di Disbudparpora," terangnya.

Dikatakannya, bantuan tersebut sebagai motivasi terhadap sanggar-sanggar menyambut Festival Budaya Jajaka yang rencananya akan dilaksanakan bulan Agustus 2022 mendatang.

"Kami berharap semangat  seniman-seniman di Barito Timur bisa ikut memeriahkan event ini. Karena event ini masuk dalam rangkaian Perayaan HUT Kabupaten Barito Timur tahun 2022," pungkasnya.[siti]


Lebih baru Lebih lama