Perlu Dukungan Semua Pihak untuk Keberhasilan Program Restorasi Gambut

Perlu Dukungan Semua Pihak untuk Keberhasilan Program Restorasi Gambut

SEKDA Kalteng mengikuti sosialisasi pemulihan ekosistem gambut secara virtual.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng), H Nuryakin menghadiri Sosialisasi Pemulihan Ekosistem Gambut tingkat Provinsi Kalteng Tahun 2022 yang diselenggarakan oleh Badan Restorasi Gambut dan Mangrove Republik Indonesia (BRGM RI), secara virtual dari Ruang Bajakah 2, Komplek Kantor setempat, Kamis (12/5/2022). 

Pada kegiatan yang dibuka secara resmi oleh Deputi Bidang Edukasi dan Sosialisasi, Partisipasi, dan Kemitraan (ESPK) BRGM RI, Myrna A Safitri tersebut, Sekda selaku Koordinator Tim Restorasi Gambut Daerah (TRGD) Provinsi Kalteng menegaskan pentingnya kerjasama, dukungan, dan sinergi seluruh pemangku kepentingan untuk keberhasilan upaya pemulihan ekosistem gambut.

"Untuk keberhasilan Program Restorasi Gambut memerlukan dukungan semua pihak, baik Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi dan Kabupaten dan Kota, masyarakat, pelaku usaha, akademisi, dan pihak lainnya," tegas Sekda Kalteng Nuryakin. 

Pada kesempatan itu juga, Sekda menyampaikan apresiasi dan mendukung penuh berbagai program restorasi gambut yang dilaksanakan BRGM RI, seperti program unggulan rewetting, revegetasi, dan revitalisasi ekonomi, serta Desa Mandiri Peduli Gambut. 

"Diharapkan output yang dicapai adalah pemulihan lingkungan hidup Kalimantan Tengah dan masyarakatnya sejahtera," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi ESPK BRGM RI memberikan apresiasi atas komitmen kuat Pemprov dan Kabupaten/Kota serta stakeholders di Bumi Tambun Bungai itu. 

"Kami melihat kesungguhan, keseriusan dan komitmen kuat dari Pemerintah Daerah untuk bekerja bersama-sama, kita bahu-membahu untuk melakukan upaya-upaya pemulihan ekosistem gambut melalui kegiatan restorasi," ungkapnya.

Selain itu, pihaknya menyaksikan dukungan dari berbagai pihak di Kalteng sangatlah besar, di antaranya dari perwakilan universitas, lembaga swadaya masyarakat, pelaku usaha, dan tidak kalah pentingnya adalah komitmen dan keterlibatan langsung dari masyarakat.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama