Pembangunan Gedung Baru DPRD Banjarmasin bakal Sedot Uang Rakyat Rp40 Miliar

DESAIN gedung baru DPRD Kota Banjarmasin.| foto : istimewa 

BANJARMASIN – Wakil rakyat yang duduk di DPRD Kota Banjarmasin bakal memiliki gedung baru. Rencana pembangunannya dikerjakan tahun ini, tepat di lahan samping gedung lama dengan anggaran sebesar Rp40 miliar.   

Gedung DPRD Kota Banjarmasin yang baru dengan mengusung konsep Rumah Sabaratan tersebut, tentunya menjadi wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasi. 

Bangunannya direncanakan berlantai 3, dengan menggunakan konsep bangunan modern, tetapi tidak meninggalkan nuasa rumah adat, yaitu Rumah Banjar Bubungan Tinggi dan Gajah Mangusu. 

Wakil Ketua DPRD Kota Banjarmasin, Matnor Ali SE mengungkapkan, pembangunan gedung baru DPRD Banjarmasin akan dimulai tahun ini dan diprediksi selesai akhir 2023, dengan sistem multiyears dan dianggarkan sebesar Rp40 miliar.

“Lantai pertama basement atau tempat parkir. Lantai kedua ruang Komisi dan anggota, sedangkan lantai ketiga untuk ruang rapat dan pimpinan,” ungkap Matnor kepada media, Selasa (10/5/2022).

Politisi Partai Golkar ini menjelaskan, gedung DPRD yang baru ini memang sudah saatnya dilakukan penambahan bangunan, mengingat kondisi gedung lama yang usianya sudah puluhan tahun dan sering tergenang air, jika kondisi sungai pasang dan hujan deras.

“Gedung lama nantinya tetap akan difungsikan untuk ruang kerja staf dan lainnya,” jelasnya.

Matnor mengatakan, tak hanya untuk menunjang kerja anggota DPRD Banjarmasin, gedung baru itu  nantinya dimanfaatkan untuk tempat salat Jumat, di bagian basement atau lantai dasar.

“Kita pikirkan juga agar masyarakat bisa menggunakan lantai dasar untuk kegiatan ibadah seperti salat Jumat,” katanya.[santoso]


loading...