Karnaval Budaya FBIM 2022 Dikagumi Wisatawan Asing

Karnaval Budaya FBIM 2022 Dikagumi Wisatawan Asing

DAVID bersama rekannya saat menyaksikan Karnaval Budaya.| foto : kenedy

PALANGKA RAYA - Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) Tahun 2022 dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-65 Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) resmi dibuka oleh Gubernur H Sugianto Sabran didampingi Wakil Gubernur H Edy Pratowo, Forkopimda dan Kepala Daerah Kabupaten/Kota, Selasa (17/5/2022) sore, di Bundaran Besar Kota Palangka Raya.

Selain ribuan warga yang melihat, juga terpantau sejumlah wisatawan asing, baik memotret menggunakan kamera DXLR dan juga handphone.

Salah satunya, David, dirinya bersama dua orang rekannya rela berpanas-panasan untuk menyaksikan aksi tarian khas Dayak Kalteng itu.

Pria asal German itu mengaku tertarik dan kagum dengan budaya daerah yang menggunakan baju adat masing-masing daerah di Provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai tersebut.

"Fery nice this is heart Borneo culture in carnaval. We are be happy wacthing this carnaval. (Sangat bagus budaya Kalimantan Tengah. Kami bahagia dan senang bisa ikut melihat karnaval ini dan berada dengan masyarakat, red)," ungkapnya.

Dengan adanya wisatawan asing tersebut membuat warga yang mengajak berfoto bersama.

Desi, salah satu warga Kota Palangka Raya yang memanfaatkan adanya wisatawan itu untuk berfoto bareng.

"Lama tidak seperti ini. Karena pandemi Covid-19 melanda, jadi hampir 2 tahun terakhir ini Karnaval Budaya semacam ini tidak digelar. Apalagi saat ini banyak orang bule yang ikut menyaksikannya," pungkasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama