Harga TBS Anjlok, Syairi Hadiri Musyawarah Apkasindo

KOTABARU - Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis menghadiri musyawarah bersama Pengurus Apkasindo, Kamis (12/5/2022). Ini juga berkaitan dengan anjloknya harga Tandan Buah Segar (TBS).

Pengurus DPD Apkasindo Kotabaru sendiri melaksanakan rapat koordinasi untuk menyikapi anjloknya harga TBS.

Dalam kesempatan ini, Syairi menyampaikan, bagi para petani sawit diharapkan bisa bersatu agar tidak dipermainkan oleh pengusaha. Ia juga mengharapkan tanggapan Pemerintah daerah berkaitan dengan Surat Edaran (SE) Gubernur Kalsel agar menerbitkan Surat Edaran berkaitan dengan anjloknya harga TBS.

"Untuk menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur mengenai harga TBS, maka jajaran pengurus Apkasindo bersama Ketua DPRD bersama unsur terkait akan mengadakan rapat dengan memanggil seluruh pimpinan pengusaha pabrik kelapa sawit yang ada di Kotabaru, dalam hal mengatasi anjloknya harga TBS," ujar politisi PDIP ini.

Syairi berharap agar semua harga TBS bisa normal kembali, dan menekankan agar pengusaha bisa mematuhi aturan serta Surat Edaran Gubernur Kalsel, agar harga beli di semua pabrik mengikuti harga yang sudah ditetapkan oleh Dinas Perkebunan Kalsel.

Untuk itu, Syairi mengharapkan agar Bupati Kotabaru juga menerbitkan surat edaran untuk penetapan harga TBS sebagai tindak lanjut dari surat edaran Gubernur.

Ia juga meminta agar pengawasan dalam tata kelola persawitan harus dilakukan secara berkala, agar kestabilan harga bisa terjaga dan petani kita bisa sejahtera.[zainuddin]


loading...