Dandim 1016 Tekankan Ini kepada Peserta Tes Garjasdik dan UKP

PERSONEL Kodim 1016 Ikuti Tes UKP dan Garjasdik Periodik 1.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Komando Distrik Militer (Kodim) 1016 Palangka Raya menggelar tes Kesegaran Jasmani (Garjas) Periodik semester I tahun 2022 dan Uji Kenaikan Pangkat atau UKP periode 1 Oktober 2022.

Tes Garjas tersebut diikuti 83 anggota Kodim setempat yang terdiri dari 20 anggota yang akan UKP dan 63 anggota yang melaksanakan Samapta periodik tersebut dilangsungkan di Lapangan Denzibang XII/2 Palangka Raya.

Dandim 1016 Palangka Raya, Letkol Inf Frans Kisihin Panjaitan mengatakan, pelaksanaan garjas periodik tersebut sebagai tolak ukur pembinaan satuan yang bertujuan untuk mengetahui tingkat kebugaran fisik prajurit sekaligus mengukur kemampuan kesemaptaan jasmani seorang prajurit secara berkala. 

Sementara, untuk garjas UKP sebagai persyaratan prajurit untuk naik pangkat satu tingkat lebih tinggi. 

"Kesegaran Jasmani merupakan salah satu syarat bagi seorang prajurit untuk mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi. Dengan syarat nilainya harus sesuai dengan standar kelulusan yang telah ditentukan," tuturnya, Kamis (12/5/2022).

Ia berharap kepada para peserta dapat melaksanakan tes kesamaptaan itu dengan maksimal serta mampu mencapai nilai yang diharapkan, dan sesuai standar prajurit komando kewilayahaan.

"Sebelum melaksanakan tes, setiap personel harus diperiksa kesehatannya oleh Tim Kesehatan dari Denkesyah guna menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksanaan tes nantinya, serta didalam kegiatan selalu mengutamakan faktor keamanan dan keselamatan setiap personel," ungkapnya.

Diuraikannya, tes garjas A terdiri dari lari 12 menit, sedangkan garjas B terdiri dari pull up, sit up, push up, lunges dan shuttle run.

Selain itu, timpalnya, ditambah dengan tes ketangkasan renang dasar militer menggunakan gaya dada yang dilangsungkan di kolam renang Isen Mulang.[kenedy]


loading...