Waduh, Berselang Lima Jam Musibah Kebakaran Terjadi Dua Kali di Kapuas

Waduh, Berselang Lima Jam Musibah Kebakaran Terjadi Dua Kali di Kapuas

KEBAKARAN di Desa Muroi, Kecamatan Mantangai, Minggu (17/4/2022).| foto : bpbd kapuas

KUALA KAPUAS - Akhir pekan yang nahas, dua peristiwa kebakaran terjadi di waktu dan tempat yang berbeda di Kabupaten Kapuas pada, Minggu (17/4/2022).

Tidak ada korban jiwa dan luka-luka pada peristiwa dua kebakaran tersebut, namun, mengakibatkan kerugian material tidak sedikit akibat musibah tersebut.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kapuas, merilis kebakaran pertama terjadi di Desa Muroi Raya, RT 03, Kecamatan Mantangai Kabupaten Kapuas sekira  pukul 15.00 WIB, saat kejadian cuaca masih terik menyengat.

"Api cepat membakar bangunan karena sebagian besar bangunan berkonstruksi  kayu dan semi permanen, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 16.30 WIB," kata Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kapuas, Panahatan Sinaga SH.

Akibat kejadian tersebut tiga unit rumah terbakar dengan kondisi rusak berat. Korban terdampak 3 Kepala Keluarga dan 15 jiwa.

Berselang 5 jam kemudian, api mengamuk di kawasan pasar di Desa Pujon, Kecamatan Kapuas Tengah, Kabupaten Kapuas. Sekitar pukul 19.00 WIB.

Dalam insiden kebakaran ini api dengan cepat melalap bangunan karena sebagian besar bangunan berkonstruksi kayu. 

"Upaya pemadaman dilakukan oleh warga sekitar, api berhasil dipadamkan sekitar pukul 19.45 WIB," kata Panahatan Sinaga.

Dalam musibah kebakaran yang terjadi ini  dilaporkan 6 ruko ludes dilalap api termasuk 1 unit sepeda motor ikut terbakar, korban terdampak sebanyak 6 kepala keluarga.

"Penyebab pasti dari dua musibah kebakaran tersebut saat ini masih dalam penyelidikan aparat kepolisian," kata Kalaksa BPBD.

Pasca kejadian BPBD Kabupaten Kapuas melakukan koordinasi dengan camat dan kepala desa untuk melakukan pendataan serta menyiapkan kebutuhan untuk korban terdampak musibah kebakaran.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama