Terus Kembangkan Ekspor Porang, Bupati Balangan Tanam Porang dengan Metode Tumpang Sari

Terus Kembangkan Ekspor Porang, Bupati Balangan Tanam Porang dengan Metode Tumpang Sari

BUPATI Balangan, H Abdul Hadi melakukan tanam perdana tanaman porang dengan metode tumpang sari.| foto: mc balangan

PARINGIN - Petani di Kabupaten Balangan terus kembangkan tanaman Porang untuk kebutuhan pasar ekspor. Salah satunya dengan metode tanam tumpang sari karet dan porang.

Bupati Balangan, H Abdul Hadi, bersama Kapolres Balangan, Dandim 1001 Amuntai-Balangan, Kepala DKP3, serta petani melakukan tanam perdana  tanaman tumpang sari karet dan porang di Desa Mungkur Uyam Kecamatan Juai, Kamis (31/3/2022).

Abdul Hadi menyebut, pertanian merupakan bagian pilar perekonomian terbesar setelah usainya era batubara.

"Kembangkan terus potensi, dengan ekstensifikasi maupun intensifikasi. Intensifikasi, salah satunya dengan tumpang sari," ujarnya.

Ia juga meminta Dinas terkait dan tenaga lapangan, agar terus  mendampingi para petani, dengan pengetahuan dan pengelolaan yang tepat.

"Tumpeng sari akan memberi peningkatan hasil yang signifikan, dan berdampak mendorong perekonomian. Saat ini Balangan sudah di posisi juara dalam hal porang. Mari terus pertahankan posisi ini," ajak Abdul Hadi.

Mempertahankan lanjut Bupati, harus dengan meningkatkan produksi secara terus-menerus, dan jangan sampai terkejar oleh daerah lain.

"Saat ini kita di jalur yang tepat. Polisi dan TNI juga ikut mendukung, dengan dukungan dan kerjasama semua pihak terkait, Balangan siap menjadi pemasok porang, dalam maupun luar negeri," tutupnya.[agus/adv]


Lebih baru Lebih lama