Secara Yuridis, Proyek Pembangunan Dermaga Multipurpose di Pulang Pisau Didampingi Kejari

Secara Yuridis, Proyek Pembangunan Dermaga Multipurpose di Pulang Pisau Didampingi Kejari

PULANG PISAU - Bertempat di Aula Kejaksaan Negeri Pulang Pisau, pada Selasa 13 April 2022, kembali disampaikan progres dan permasalahan proyek pembangunan  design dan build rehab berat Dermaga Multipurpose Pelabuhan Pulang Pisau oleh PT Pelabuhan Indonesia (Persero).

"Pertemuan atau rapat kemarin Itu dalam rangka kegiatan pendampingan hukum (Legal Assistance/LA), PT Pelabuhan Indonesia (Persero) oleh kita," kata Kajari Pulang Pisau Dr Priyambudi, SH MH, Jumat (15/4/2022). 

Disampaikannya, kepada Jaksa Pengacara Negara (JPN) yang ditunjuk untuk melaksanakan pendampingan hukum kepada PT Pelabuhan Indonesia (Persero) tersebut, agar melaksanakan tugas sesuai dengan tupoksinya. 

Selain itu, Priyambudi mengingatkan kepada JPN untuk melakukan pendampingan hukum secara yuridis bukan hal yang bersifat teknis.

"JPN harus menjalankan pendampingan hukum secara profesional sesuai tupoksinya dan yuridis. Kami juga mengimbau kepada masing-masing pihak yang terlibat dalm proyek ini agar melaksanakan tugasnya dengan optimal dan sesuai dengan yang telah direncanakan," katanya berpesan

Sementara, Plh Department Head PMO Kalimantan PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Noor Riyadi memaparkan secara garis besar progres Pekerjaan Design dan Build Rehab Berat Dermaga Multipurpose Pelabuhan Pulang Pisau hingga minggu ke-24 mengalami deviasi plus 6,162 lebih cepat dari  yang telah direncanakan. 

Sisa pekerjaan yang belum terselesaikan sebesar 4,423%. Sejauh ini juga tidak terdapat permasalahan yuridis yang menghambat pelaksanaan pekerjaan.

"Dengan cepatnya Pekerjaan Design dan Build Rehab Berat Dermaga Multipurpose Pelabuhan Pulang Pisau diperkirakan dapat digunakan pada bulan Mei 2022," papar Noor Riyadi.

Kemudian Konsultan Manajemen Konstruksi dari PT Virama Karya (Persero), Hasan Husaini yang turut hadir pada rapat tersebut menyampaikan dalam pelaksanaan proyek pembangunan Dermaga Multipurpose Pelabuhan Pulang Pisau, Konsultan Manajemen Konstruksi bertugas dalam pengendalian mutu, waktu dan tertib administrasi.

"Setiap minggu ada evaluasi dan tindak lanjut pengerjaan proyek. Kami memastikan walaupun pekerjaan dapat diselesaikan dengan cepat, kami tetap menjaga dan mengawasi pengendalian mutu, waktu dan tertib administrasinya," ucap Hasan Husaini.

Pada akhir rapat penyampaian progres dan permasalahan pekerjaan design dan build rehab berat dermaga Multipurpose Pelabuhan Pulang Pisau tersebut, JPN pada Kejaksaan Negeri Pulang Pisau secara umum menilai tidak terdapat permasalahan hukum yang menghambat pekerjaan hingga minggu ke-24. 

Bahkan pekerjaan dapat dikerjakan dengan  memuaskan karena dikerjakan lebih cepat dari yang telah direncanakan tanpa mengabaikan kualitas pekerjaannya.

Dikabarkan agenda rapat sendiri dipimpin langsung Kepala Kejaksaan Negeri Pulang Pisau Dr Priyambudi, SH, MH. Turut mendampingi Kepala Seksi (Kasi) Perdata dan TUN, Fuat Zamroni dan Tim JPN pada Kejaksaan Negeri Pulang Pisau.

Sementara itu, dari PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sendiri dihadiri Plh Department Head PMO Kalimantan Noor Riyadi beserta staff, Hasan Husaini dari PT Virama Karya (Persero) selaku Konsultan Manajemen Konstruksi dan perwakilan dari PT Istana Putra Agung selaku Penyedia Jasa.[rilis/manan]


Lebih baru Lebih lama