Ramadan Bawa Berkah bagi Petani dan Pedagang Semangka di Desa Henda

Ramadan Bawa Berkah bagi Petani dan Pedagang Semangka di Desa Henda

SALAH satu lapak semangka di Desa Henda.| foto : manan

PULANG PISAU - Keberkahan Ramadan banyak dirasakan segenap lapisan masyarakat, terutama keberkahan dirasakan para petani dan pedagang semangka di Wilayah Desa Henda, Kecamatan Jabiren Raya, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Dimana saat Ramadan seperti ini, para petani dan pedagang tersebut mampu meraup keuntungan hingga 100 persen dari bulan atau hari biasanya. 

Kepada sejumlah awak media, Sabtu (9/4/2022). Ketua Kelompok Tani Semangka Desa Henda, Irwanto mengatakan, hasil panen buah semangka tahun ini sangat bagus dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Hal tersebut terbukti dalam satu hektar dapat menghasilkan buah semangka antara 15 hingga 20 ton.

"Alhamdulillah, panen buah semangka tahun ini melebihi dibandingkan tahun sebelumnya. Ini kami rasa berkah bulan puasa, hingga banyak warga yang membeli jualan kami," ucapnya. 

Untuk penjualannya sendiri, kata, selain oleh warga setempat yang di jual pada lapak-lapak sepanjang Jalan Trans Kalimantan Desa Henda, juga oleh para pedagang dari Banjarmasin Kalimantan Selatan, Pontianak Kalimantan Barat, Palangka Raya, Sampit dan Pangkalanbun.

"Karena banyaknya permintaan ini, kita bahkan sampai kekurangan stok semangka. Teknis penjualannya dengan harga borongan, untuk ukuran kecil kita jual Rp 3 ribu, ukuran sedang Rp 5 ribu dan ukuran besar Rp 7 ribu," ungkapnya. 

Pun demikian, tambah Irwanto saat ini kendala yang dihadapi adalah mahalnya harga pupuk. Dimana sekarang untuk mendapatkan harga pupuk jenis Mutiara denhan harga Rp495 ribu persak. 

"Padahal, sebelumnya hanya Rp 300 saja persak nya. Atas lonjakan harga pupuk ini kami pun berharap kepada pemerintah, agar harga pupuk bisa disubsidi kembali," pintanya.

Terpisah, Kepala BPP Kecamatan Jabiren Raya, Mambang SP mengatakan bahwa semangka merupakan komoditas utama yang dihasilkan dari salah satu desa di wilayah Kabupaten Pulang Pisau dengan luasan lahan 110 hektare.

Meski tahun ini hasilnya cukup memuaskan bagi para petani dan pedagang. Mambang menjelaskan kendala yang dihadapi para petani saat proses budidaya tanaman semangka banyaknya hama penyakit, terutama jamur.

Kendati begitu, pihak BPP Kecamatan Jabiren Raya terus memberikan pendampingan dilapangkan kepada para petani untuk bersama-sama mengatasi hama jamur tersebut sehingga tidak sampai meluas.

"Kita selalu memberikan pendampingan dan dukungan kepada para petani buah semangka di Desa Henda ini, agar lebih bersemangat sehingga hasil panennya terus meningkat untuk kemajuan dan perekonomian masyarakat," tuturnya.[manan]


Lebih baru Lebih lama