Mudik Lebaran, Penumpang KMP Drajat Paciran Berangkat

Mudik Lebaran, Penumpang KMP Drajat Paciran Berangkat

SUASANA mudik Idul Fitri 1443 H/2022 M di Pelabuhan Bahaur.| foto : dishubpulpis

PULANG PISAU - Pemerintah sudah mengizinkan masyarakat mudik pada lebaran tahun 2022 ini. 

Pun begitu, keberangkatan para pemudik tetap memenuhi sejumlah persyaratan yang dikeluarkan pemerintah daerah masing-masing. 

Diantara persyaratan tersebut merujuk pada jumlah vaksin yang sudah diterima para pemudik. Apakah sudah mendapat vaksin booster atau dosis ketiga, ataukah baru divaksin dosis pertama atau kedua.

Di Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) sendiri, pemerintah daerah setempat melalui Dinas Perhubungan (Dishub) menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor : 552/106/Dishub-PP/IV/2022 tentang Standar Operasional Prosedur (SOP) Persyaratan Perjalanan Menggunakan Angkutan Penyeberangan pada Pelabuhan Bahaur, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah. 

Tepat hari ini, Sabtu (23/4/2022) sekitar pukul 09.50 WIB. KMP Drajat Paciran dari Pelabuhan Penyebrangan Bahaur Kecamatan Kahayan Kuala, Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng), menuju pelabuhan Paciran Kabupaten Lamongan, Jawa Timur (Jatim). 

"Jumlah penumpang dan kendaraan yang berangkat dari pelabuhan penyebrangan Bahaur sebanyak 431 orang penumpang, R2 40 unit, R4 26 unit, pikap 2 unit, fuso 9 unit, dan tronton 1 unit," ujar Pelaksana Teknis Pelabuhan, Sufiyani kepada awak media. 

Dikatakannya, selama proses naiknya penumpang dan pemeriksaan yang di lakukan oleh Polsek Kahayan Kuala dan Dinas Perhubungan (Dishub) tidak di temukan adanya barang bawaan penumpang yang berbahaya, dan tidak ditemukan kendaraan yang tidak memiliki surat-surat atau identitas penumpang yang mencurigakan. 

"Juga selama pelaksanaan cek poin dan pemeriksaan di tempat yang di lakukan oleh Tim Kesehatan Puskesmas Bahaur Tengah tidak di temukan pelanggaran prokes dan tidak ditemukan penumpang yang mendapatkan hasil rapid tes antigen reaktif dan positif," ungkapnya. 

"Yang dilakukan seluruh tim Ini juga demi memutus mata rantai Covid-19," pungkasnya.

Sementara perlu diketahui pengamanan di lingkungan Pelabuhan Bahaur dilakukan oleh personel gabungan terdiri dari TNI-Polri, Dishub Pulang Pisau, Tim Kesehatan Puskesmas Bahaur, pihak Karantina Hewan, Tim. KKP Palangka Raya, dan Tim Vaksinator Puskesmas Bahaur Tengah.[manan]


Lebih baru Lebih lama