Libur Idul Fitri, Hermanes: Masyarakat tetap Perhatikan Prokes

Libur Idul Fitri, Hermanes: Masyarakat tetap Perhatikan Prokes

KETUA Komisi III DPRD Barito Selatan, Hermanes.| foto : deni

BUNTOK - Protokol kesehatan alias prokes sejatinya tetap menjadi perhatian masyarakat, termasuk di momen libur lebaran Idul Fitri tahun ini. Apalagi pandemi Covid-19 belum dinyatakan berakhir di Indonesia.

Karena itu, Ketua Komisi III DPRD Barito Selatan (Barsel), Hermanes meminta masyarakat tetap disiplin prokes. Pun kepada pemerintah daerah, melalui Dinas Pariwisata agar saat liburan Idul Fitri, lokasi wisata yang ada tetap menerapkan prokes.

Menurutnya, meski pandemi Covid-19 saat ini sudah mulai melandai, langkah-langkah pencegahan penyebaran virus mematikan itu harus tetap dilakukan.

"Di sisi lain pendisiplinan terhadap warga masyarakat untuk menerapkan prokes itu sendiri sangat diperlukan," jelas Hermanes, Senin (25/4/2022).

Masyarakat, lanjutnya, harus terbiasa disiplin untuk menjaga kondisi kesehatan masing-masing. Apalagi Covid-19 atau varian baru omicron belum dinyatakan habis atau musnah.

"Untuk itu, tidak ada salahnya jika prokes di tempat berwisata nantinya diterapkan prokes oleh instansi terkait," pintanya.

Di sisi lain, penggunaaan alat kesehatan sederhana seperti mengenakan masker, membawa sanitizer, merupakan hal yang mudah bagi masyarakat. 

Bahkan menjaga jarak pun dirasa perlu untuk meningkatkan kewaspadaan akan menularnya virus itu sendiri. Apalagi di tempat wisata, biasanya ribuan orang yang datang, bahkan dari mana-mana saja. 

"Kita tentu tidak bisa tahu siapa yang terpapar virus atau tidak, untuk itu perlu adanya kewaspadaan dari diri kita masih," tutur politisi PDI Perjuangan.

Dia berharap Tim Satgas Covid-19 maupun Tim Gabungan lainnya bisa membuka tenda vaksin di lokasi wisata, seperti di wilayah Ujung Pandaran yang biasanya dijadikan tempat liburan lebaran Idul Fitri oleh masyarakat dari dalam serta luar kota di wilayah Barsel dan sekitarnya.[deni]


Lebih baru Lebih lama