Lantik Sekda Provinsi Kalteng, Gubernur Sisipkan Poin Penting

Lantik Sekda Provinsi Kalteng, Gubernur Sisipkan Poin Penting

PELANTIKAN dan Pengambilan Sumpah Jabatan Sekretaris Daerah Provinsi Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 47/ TPA Tahun 2022 tanggal 19 April 2022 tentang Pengangkatan Pejabat Pimpinan Tinggi Madya di lingkungan Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Gubernur Kalteng H.Sugianto Sabran melantik dan mengambil sumpah jabatan H Nuryakin sebagai Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalteng, yang berlangsung di Aula Jayang Tingang, lantai II Kantor Gubernur setempat, Senin (25/4/2022) sore.

"Semoga dengan pelantikan ini semakin meningkatkan kinerja dan mendukung percepatan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah," tutur Gubernur.

Dikatakannya, jabatan sekda merupakan ujung tombak Pemerintahan di tingkat Pemerintah Daerah yang mempunyai tugas membantu Gubernur sebagai kepala daerah dalam penyusunan kebijakan dan pengoordinasian administratif terhadap pelaksanaan tugas perangkat daerah serta pelayanan administratif. 

Karena, lanjutnya, tugas pokok sekda untuk melaksanakan seluruh urusan pemerintahan, dan fungsi penunjang urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah yang dilaksanakan oleh kepala perangkat daerah seluruhnya dipertanggung jawabkan kepada gubernur melalui sekda.

Kemudian, orang nomor satu di Bumi Tambun Bungai itu mengingatkan bahwa jabatan tersebut bukanlah hak, tetapi merupakan amanat dari pemerintah yang berisi serangkaian tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dan dipertanggungjawabkan baik di dunia maupun di akhirat.

"Tantangan dan tuntutan kedepan akan semakin berat seiring dengan kebutuhan masyarakat yang sangat dinamis. Sehingga saya minta agar sekretaris daerah senantiasa meningkatkan inovasi, pengetahuan serta kompetensi, lakukan koordinasi intensif dengan seluruh stakeholder guna mendukung kebijakan pembangunan di Provinsi Kalimantan Tengah," tegasnya.

Ditambahkan gubernur, loyalitas dalam menjalankan amanah dan tegak lurus dalam mendukung kebijakan strategis dalam mewujudkan visi dan misi fubernur dan wakil gubernur Kalteng, serta bersedia menerima dengan lapang dada aneka kritik yang membangun, juga harus selalu menjadi sikap sebagai abdi negara dan abdi masyarakat.

"Dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriah, untuk seluruh pihak terkait agar menjaga stabilitas pasokan dan harga bahan pokok untuk mencegah kenaikan harga menjelang Idul Fitri sehingga daya beli masyarakat tetap terjaga. Hal ini agar menjadi perhatian kita semua, utamanya Bapak Sekda selaku Ketua Pelaksana Harian Tim Pengendali Inflasi Daerah Provinsi Kalimantan Tengah," tukasnya.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama