Jelang Pelantikan, PC KBB Pulang Pisau Rapat Pembentukan Panitia

Jelang Pelantikan, PC KBB Pulang Pisau Rapat Pembentukan Panitia

SUASANA rapat menjelang persiapan pelantikan dan buka puasa bersama.| foto : manan

PULANG PISAU - Menjelang pelantikan Pengurus Cabang Kerukunan Bubuhan Banjar (PC KBB) Kabupaten Pulang Pisau, Kalimantan Tengah (Kalteng) periode 2022-2027, berlangsung rapat pembentukan panitia dalam rangka persiapan pengukuhan dan pelantikan bagi warga Banua Banjar yang menetap di wilayah Kalimantan Tengah (Kalteng). 

Kegiatan rapat tersebut sekaligus dirangkai dengan buka puasa bersama di Aula Mess Pemkab setempat, Senin (11/4/2022). 

Rapat sendiri dipimpin langsung Ketua PC KBB Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Fadli Rahman bersama  Sekretaris Asrianoor dan Nendahara Hendri Arroyo.

Hasil rapat terpilih sebagai Ketua pengukuhan dan pelantikan PC KBB Kabupaten Pulang Pisau, Osa Maliki. 

Pelaksanaan nya pun direncakan pada Mei 2022 mendatang dengan mengundang Pengurus Wilayah KBB Provinsi Kalteng dan Pengurus Pusat KBB Kalsel.

Ketua KBB Kabupaten Pulang Pisau H Ahmad Fadli Rahman mengatakan, tujuan dibentuknya KBB Kabupaten Pulang Pisau adalah sebagai wadah bagi masyarakat bersuku banjar yang tinggal menetap di Kabupaten Pulang Pisau.

"KBB Kabupaten Pulang Pisau ini adalah wadah untuk merekatkan hubungan silaturahmi warga banjar yang ada di Pulang Pisau agar dapat bersama-sama melestarikan adat budaya banjar di tanah perantauan sehingga tidak tergerus oleh kemajuan zaman tanpa mengenyampingkan adat budaya warga setempat," ujarnya.

H Fadli yang juga Wakil Ketua I DPRD Pulang Pisau mengharapkan, agar warga banjar khususnya yang tergabung dalam KBB Kabupaten Pulang Pisau dapat berperan serta dalam pembangunan daerah berdasarkan  bidangnya masing-masing.

"Insya Allah pada saatnya nanti akan digelar pelantikan yang akan dihadiri PW KBB Provinsi Kalteng yang diketuai KH Chairudin Halim dan PP KBB Kalsel yang diketuai H Rudi Arifin mantan Gubernur Kalsel," katanya. 

Sementara, Ketua Panitia Pengukuhan dan Pelantikan PC KBB Kabupaten Pulang Pisau Osa Maliki menyatakan siap memeriahkan momen pelantikan KBB Kabupaten Pulang Pisau dengan menggelar kesenian budaya daerah banjar, seperti hadrah, kuntau, musik panting dan kesenian lainnya," tukas H Fadli.

Usai rapat pembentukan panitia, acara silaturahmi KBB Pulang Pisau diisi dengan tausiyah sembari menunggu buka puasa. 

Tausiyah pun disampaikan KH Suriyadi selaku Ketua Dewan Pembina KBB Kabupaten Pulang Pisau. 

"Usai berbuka puasa, dilanjutkan dengan salat magrib berjamaah dan setelah itu dibagikan kain khas Kalsel sasirangan sebagai cinderamata dari Ketua KBB Pulang Pisau H Ahmad Fadli Rahman. 

Perlu diketahui, KBB sendiri melebarkan sayap kepengurusannya bukan hanya di daerah-daerah saja. Namun, sampai keluar negeri dimana ada warga banjar di negara itu. Bahkan, informasi KBB pun sudah ada di Mekkah. 

Atas terbentuknya KBB Kabupaten Pulang Pisau ini, juga telah mendapat dukungan dan respon baik dari pemkab setempat. 

Jadi, "Di mana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung".[manan]


Lebih baru Lebih lama