Dewan Minta Pemkab Perhatikan Sarana Kelengkapan Damkar di Kapuas Tengah

Dewan Minta Pemkab Perhatikan Sarana Kelengkapan Damkar di Kapuas Tengah

KETUA DPRD Kapuas, Ardiansah S.Hut MM.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Kalangan wakil rakyat di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kapuas, mendesak agar pemerintah daerah setempat  memperhatikan kelengkapan alat pemadam kebakaran (Damkar) yang dibutuhkan oleh wilayah jauh jangkauan dan minim sarana Damkar.

"Kami sangat prihatin atas musibah kebakaran yang terjadi beberapa waktu belakangan ini. Seperti baru-baru ini kebakaran di Desa Pujon Kecamatan Kapuas Tengah," kata Ketua DPRD Kapuas, Ardiansyah S.Hut MM, Selasa (19/4/2022).

Ironis kata wakil rakyat dari Partai Golkar ini sebab, diketahui di Kecamatan Kapuas Tengah minim sarana peralatan Damkar.

Untuk itu, Ardiansah mendesak pemerintah Kabupaten Kapuas untuk melakukan pengadaan sarana dan peralatan Damkar yang bisa disiagakan untuk penanganan musibah kebakaran.

"Sesuai janji kemarin, agar secepatnya.
Pemda memikirkan peralatan dan sarana  damkar di Kecamatan Kapuas Tengah," katanya.

Apalagi, bahwa kebutuhan peralatan Damkar itu perlu untuk wilayah yang jangkauan dari kota sangat jauh.

Seperti halnya, jarak tempuh dari Kota Kuala Kapuas atau ibu kota kabupaten ke Kecamatan Kapuas Tengah membutuhkan waktu  sekitar tujuh jam lewat jalur darat.

"Setiap Musrenbang dan reses kami dari Dapil tiga selalu meminta kepada pemda agar mengadakan peralatan Damkar," ujarnya.

Ini juga sebagaimana juga aspirasi masyarakat setempat yang meminta agar alat kelengkapan damkar untuk mencegah dan penanganan  kebakaran termasuk mengantisipasi ancaman Karhutla.[zulkifli]


Lebih baru Lebih lama