Pj Sekda Kalteng Hadiri Business Matching di Nusa Dua Bali

Pj Sekda Kalteng Hadiri Business Matching di Nusa Dua Bali

PJ SEKDA Kalteng, Nuryakin memakai batik motif Kalteng.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA -  Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) H Nuryakin bersama seluruh Gubernur, Bupati, dan Walikota se-Indonesia menghadiri penyelenggaraan Business Matching Belanja Produk Dalam Negeri di Nusa Dua, Bali.

Business Matching ini berlangsung dari tanggal 22 sampai 24 Maret 2022.

Pertemuan tersebut terkait arahan Presiden RI kepada Menteri, Kepala Lembaga, Kepala Daerah, dan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tentang Aksi Afirmasi Bangga Buatan Indonesia.

"Dari kegiatan Business Matching ini diharapkan akan muncul komitmen dari Kementerian, Lembaga, BUMN, dan Pemerintah Daerah (Pemda) dalam mengoptimalkan anggarannya untuk pembelian produk dalam negeri, terutama yang berasal dari Usaha Mikro Kecil dan Menengah," ungkap Nuryakin, Sabtu (26/3/2022).

Diuraikannya, kegiatan Business Matching itu dibagi menjadi tiga tahap, yakni tahap pra Business Matching dengan melakukan interkoneksi data melalui aplikasi milik pemerintah seperti SIPD milik Kementerian Dalam Negeri, SAKTI milik Kementerian Keuangan, dan SIRUP milik LKPP yang akan terkoneksi dengan Sistem Informasi P3DN (SIP3DN) milik Kementerian Perindustrian. 

Tahap kedua, pembukaan kegiatan tersebut oleh Menteri Perindustrian dan juga arahan dari Kepala LKPP dan juga business matching dengan pemerintah daerah serta acara tambahan lainnya. 

Dan yang terakhir masih business matching dengan pemerintah daerah sekaligus penutupan kegiatan tersebut.

"Sebagai informasi, pemerintah serius untuk mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) karena diyakini dapat mendongkrak pertumbuhan ekonomi nasional secara signfikan," tuturnya.

Berdasarkan hasil simulasi yang dilakukan oleh BPS, dampak pembelian produk dalam negeri senilai Rp 400 triliun dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 1,67% hingga 1,71%.

Tampak hadir mendampingin Pj Sekda sejumlah Kepala OPD lingkup Pemprov Kalteng, diantaranya Kepala Bappedalitbang, Kadis PUPR, Kadis Dagperin, Kadis Kesehatan, Direktur RSUD dr Doris Sylvanus, Plt Kepala Bapenda, Plt Kadis Pendidikan, Plt Karo PBJ, dan Plt Karo Kesra.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama