Pengawasan BPKP Mendorong Tata Kelola Keuangan Pemprov Kalteng Berkualitas dan Akuntabel

Pengawasan BPKP Mendorong Tata Kelola Keuangan Pemprov Kalteng Berkualitas dan Akuntabel

PENYERAHAN Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Tahun 2021.| foto : kenedy

PALANGKA RAYA - Kepala Perwakilan BPKP Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) Bambang Ari Setiono menyerahkan Ikhtisar Hasil Pengawasan BPKP Kalteng Tahun 2021 kepada Wakil Gubernur Kalteng H Edy Pratowo bertempat di ruang kerja Wakil Gubernur, Rabu (2/3/2022). 

Penyerahan disaksikan oleh jajaran Koordinator Pengawasan BPKP Kalteng didampingi Auditor Ahli Utama Provinsi Kalimantan Tengah H Sapto Nugroho.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Perwakilan BPKP Kalteng menyampaikan bahwa selama Tahun 2021 ini BPKP Kalteng telah melakukan sejumlah pengawasan yang diarahkan pada isu-isu nasional dan daerah dalam rangka mengawal percepatan penanganan Covid-19 serta pemulihan ekonomi nasional. 

Kegiatan pengawasan tersebut terbagi dalam beberapa aspek yang meliputi pengelolaan keuangan negara, perlindungan manusia menghadapi pandemi, peningkatan ketahanan nasional, pemerataan pembangunan yang berkeadilan, hingga penguatan good governance dan pengendalian kecurangan.

Kemudian pengawasan difokuskan pada berbagai program/kegiatan, yakni akuntabilitas keuangan daerah, penyerapan anggaran dan PBJ daerah, ketahanan sistem kesehatan, ketahanan sistem perlindungan sosial, ketahanan sistem pendidikan, ketahanan korporasi UMKM, pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan (food estate), penanggulangan bencana, pembangunan daerah dan desa, serta tata kelola instansi Pemerintah.

"Diharapkan hasil dari pengawasan BPKP Kalteng ini dapat menjadi rekomendasi strategis bagi Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah melalui jajaran Inspektorat Provinsi/Kabupaten/Kota dalam memetakan risiko-risiko untuk melakukan perbaikan pada program yang belum terlaksana ataupun menemui hambatan saat proses pelaksanaannya," ungkapnya.

Ia juga mengatakan bahwa BPKP Kalteng akan selalu siap mendampingi Pemprov Kalteng dalam mewujudkan tata kelola keuangan dan pembangunan yang berkualitas dan akuntabel.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama