Pakaian Adat Dayak Dipromosikan Dekranasda Kalteng ke Santiago-Chile

Pakaian Adat Dayak Dipromosikan Dekranasda Kalteng ke Santiago-Chile

SEKRETARIS Dekranasda Kalteng saat berdiskusi bersama counsellor KBRI Santiago-Chile.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) beberapa waktu lalu melakukan kontak Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Santiago-Chile untuk bersama-sama saling mendukung dalam kegiatan promosi.

Menyusul itu, Ketua Dekranasda Kalteng, Ivo Sugianto Sabran melalui Sekretaris Dekranasda Sayid Zainudin menyerahkan pakaian adat Kalteng kepada Counsellor KBRI Santiago-Chile, Pratiwi Amperawati di Kantor Kementerian Luar Negeri, Senin 28 Maret 2022 lalu di Jakarta.

Sebagaimana diketahui, salah satu tugas pokok KBRI adalah melakukan kegiatan promosi ekonomi, seni dan budaya.

Sayid menjelaskan, media promosi tersebut salah satunya memanfaatkan pakaian-pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia sebagai alat peraga.

"KBRI Santiago-Chile beberapa waktu lalu melakukan kontak dengan kita untuk bersama-sama saling mendukung kegiatan promosi," ujarnya, Rabu (30/3/2022).

Diuraikannya, Ketua Dekranasda Kalteng melihat peluang promosi yang dilakukan oleh KBRI Santiago-Chile diberbagai kesempatan saat melaksanakan promosi, seni dan budaya sehingga Kalteng mendukung sekaligus ikut berpartisipasi dengan menampilkan pakaian adat khas Kalteng.

"Pakaian adat Kalteng tersebut bertemakan Trofisia Borneo The Magical of Palangka Raya, terinspirasi dari keanekaragaman budaya dan kekayaan sumber daya alam Kalimantan Tengah dan juga menggambarkan air sungai hitam Sebangau sebagai sumber kehidupan suku Dayak," bebernya.

Selain itu, pihaknya berharap KBRI Santiago-Chile dapat memberikan informasi kepada masyarakat Chile bahwa Kalteng mempunyai daya tarik tersendiri untuk dijadikan pilihan tujuan wisata, disinggung juga sedikit terkait potensi SDA dan produk unggulan Kalteng untuk dapat di promosikan melalui International Trade Promotion Center.[kenedy/adv]


Lebih baru Lebih lama