Sekda Kotabaru Buka Sosialisasi terkait Peningkatan Peran Partai Politik

Sekda Kotabaru Buka Sosialisasi terkait Peningkatan Peran Partai Politik

KOTABARU - Sekretaris Kotabaru, Said Akhmad menghadiri acara sosialisasi mekanisme permohonan penggunaan dan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik.

Tak sekedar hadir, Ia juga secara langsung membuka kegiatan yang mengusung tema "Mewujudkan Laporan Keuangan Partai Politik yang Akuntabel Efisien dan Transfaran" tersebut.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kotabaru, Kamis (10/2/2022) di Ballroom Hotel Grand Surya Lt. III Kotabaru. 

Ini dalam rangka pelaksanaan program peningkatan peran partai politik lembaga, pendidikan dengan melalui pendidikan politik dan pengembangan etika serta budaya politik. 

Bupati Kotabaru melalui Sekretaris Sekda Said menyampaikan, kegiatan ini merupakan bagian dari upaya pemerintah untuk mewujudkan tertib penggunaan dan pertanggungjawaban bantuan keuangan partai politik. 

"Sosialiasi mekanisme ini diharapkan dapat memberikan pemahaman kepada parpol tentang regulasi dan tata cara penggunaan dan pertanggungjawaban bantuan keuangan dari pemerintah sehingga tertib administrasi," kata Said.

Said berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat membangun komitmen bersama untuk memaksimalkan dan mempergunakan bantuan keuangan dengan sebaik-baiknya serta menyampaikan laporan pertanggungjawaban penerimaan dan pengeluaran keuangan yang bersumber dari APBD kepada pemerintah. 

Sementara itu, H Adi Sutomo selaku Kepala  Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kotabaru berpesan kepada seluruh peserta agar benar-benar mengikuti kegiatan ini, sehingga tidak ada permasalahan tentang administrasi nantinya. 

"Untuk peserta, ikuti serta simak dengan baik materi yang telah diberikan. Jikalau masih ada yang belum bisa dipahami langsung tanyakan dengan narasumber, sehingga parpol nantinya bisa mempergunakan, mengelola dan mempertanggungjawabkan bantuan keuangan yang diberikan secara transfaran dan akuntabel," papar Adi.

Acara dihadiri oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Kalimantan Selatan Herman, Kepala BPKAD Kotabaru Riza Ahyani, Kepala BKPSDM Kotabaru H Minggu Basuki, Ketua KPU Kabupaten Kotabaru Zainal Abidin, perwakilan dari 12 Partai Politik (Parpol) di Kotabaru.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama