Dihantui Omicron, Bupati Minta Seluruh Kecamatan Lakukan Percepatan Vaksinasi Lengkap

Dihantui Omicron, Bupati Minta Seluruh Kecamatan Lakukan Percepatan Vaksinasi Lengkap

PERCEPATAN vaksinasi Covid-19 terus dilakukan Pemkab Tala.| foto : andra

PELAIHARI - Rapat Koordinasi Percepatan Vaksinasi Covid-19 digelar Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Tala) di Balairung Tuntung Pandang Pelaihari, Selasa (8/2/2022). 

Rapat yang dipimpin langsung Bupati Tala, H Sukamta ini dihadiri unsur Forkopimda, para camat, Danramil dan Kapolsek se-Tala.

Sukamta mengatakan, dalam penanganan dan pencegahan penularan Covid-19 varian Delta dan Omicron, pihaknya menginstruksikan seluruh jajarannya dari tingkat kecamatan dan kelurahan/desa untuk terus melakukan percepatan vaksinasi, khususnya vaksinasi lengkap tahap satu, dua dan tiga (booster). 

"Info terbaru menyatakan bahwa varian Omicron empat kali lebih cepat penularannya dibanding Delta. Jawa-Bali sudah ada peningkatan kasus, maka dalam satu bulan ke depan potensi penularan di Kalimantan sangat mungkin," katanya.

Melihat kasus Covid-19 semakin cepat penularannya, Pemerintah Kabupaten Tanah sikapi dengan serius oleh seluruh camat, kepala desa, dibantu TNI POLRI harus mengupayakan percepatan vaksinasi lengkap di Februari ini untuk melindungi rakyat Tala.

Sukamta menegaskan, percepatan vaksinasi lengkap dilakukan karena secara medis langkah vaksinasi adalah yang paling memungkinkan untuk melawan penularan Covid-19. 

"Kalau sudah divaksin lengkap, kita bisa jamin bila tertular Covid-19 pun gejalanya tidak berat. Tapi kalau vaksinnya belum lengkap, apalagi belum vaksin, ini yang membahayakan. Kalau sampai terjadi penularan varian Delta atau Omicron di bulan Maret di Kalimantan, maka puncak penularan bisa terjadi di bulan ramadan nanti," paparnya. 

Dalam rapat tersebut, Sukamta kembali mengingatkan beberapa  kecamatan yang capaian vaksinasinya masih rendah.

Ia memberikan motivasi kepada pihak-pihak terkait agar terus berusaha memberikan pelayanan vaksinasi dan mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk mengikuti vaksinasi, khususnya bagi masyarakat yang memenuhi persyaratan medis.[adv]

Lebih baru Lebih lama