Waspada Dampak Curah Hujan Tinggi di Palangka Raya

WALIKOTA Palangka Raya, Fairid Naparin.| foto : prokom

PALANGKA RAYA - Walikota Palangka Raya, Fairid Naparin belum lama ini secara resmi menerbitkan surat edaran (SE) tentang imbauan selama musim penghujan di wilayah Kota Palangka Raya.

Inti dari SE tersebut untuk mengimbau masyarakat agar waspada dan berhati-hati dengan kondisi musim penghujan saat ini.

"Dengan adanya SE setidaknya menjadi rambu-rambu bagi masyarakat untuk turut mencegah hal-hal yang tak dinginkan. Konkretnya hal itu sebagai bentuk kebaikan bagi kita bersama," kata Fairid, Senin (24/1/2022).

Dalam SE itu disampaikan, masyarakat tidak membuang sampah sembarangan, baik itu di sungai, saluran air, gorong-gorong dan sebagainya. 

Masyarakat juga diimbau untuk melaksanakan kerja bakti membersihkan saluran air di lingkungannya masing-masing.

Juga diingatkan, jika terpantau kondisi pohon, tiang listrik, reklame, PJU yang berpotensi tumbang, segera melapor ke instransi terkait. 

Sementara, ketika turun hujan, masyarakat diimbau tidak berteduh dibawah pohon, reklame, baliho maupun PJU.

Diharapkan pula melakukan pengecekan instalansi listrik guna menekan korselting listrik untuk mencegah hal-hal tak dinginkan.Termasuk, segera mematikan aliran listrik dari stop kontak jika terjadinya banjir.

"Dimusim penghujan ini agar masyaralat selalu waspada ancaman banjir serta potensi munculnya penyakit-penyakit, seperti penyakit demam berdarah dan lainnya. Marilah kita selalu menjaga kebersihan dan jaga kesehatan," imbaunya.

Dikeluarkannya SE tersebut, tambahnya, sebagai respon dari perkiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Stasiun Meteorologi, terkait potensi curah hujan tinggi hingga Maret 2022.

"SE ini sudah disampaikan kepada Camat dan Lurah serta disebarkan kepada RT dan RW. Semoga hal-hal yang merugikan tidak terjadi," tukasnya.[kenedy]


loading...