Target Vaksinasi Anak di Palangka Raya, Andjar: Enam Bulan Tuntas

KEPALA Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Hingga kini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya melalui stakeholder terkait terus memaksimalkan pemberian vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6 hingga 11 tahun.

"Saat ini Pemeeintah Kota Palangka Raya tengah fokus melakukan pemerataan vaksinasi anak usia 6 hingga 11 tahun guna menjamin keamanan dan keselamatan masyarakat dari penularan virus Korona," ucap Kepala Dinas Kesehatan Kota Palangka Raya, Andjar Hari Purnomo, Kamis (6/1/2022).

Dikatakannya, sebagai upaya percepatan dan pemerataan vaksin bagi anak tersebut, Pemkot setempat menargetkan pemberian vaksin dapat selesai atau tuntas dalam rentang tiga hingga enam bulan kedepan.

"Target pemberian vaksin bagi anak ini bisa tuntas minimal tiga bulan dan maksimal enam bulan kedepan. Tentu semuanya dengan pertimbangan ketersediaan vaksin," ungkapnya.

Berdasarkan data terakhir, urainya, jumlah anak usia 6 hingga 11 tahun di Kota itu yang telah mendapat vaksinasi, yakni untuk vaksin dosis 1 sudah mencapai 11.905 orang atau 40,73 persen. 

Kemudian, untuk vaksin dosis 2, baru ada 4 orang anak saja yang sudah divaksin atau 0,01 persen.

Dilanjutkan, hingga saat ini pihaknya tidak ada menerima laporan adanya Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI). 

Namun, yang pastinya orangtua tidak perlu khawatir dan bisa
mengizinkan anaknya divaksin.

"Para orangtua tidak perlu khawatir, dan mendorong anak-anaknya untuk tidak takut divaksin. Ini bagus, agar semua masyarakat tidak tertular virus Covid-19, dan vaksin ini juga aman bagi anak didik," imbuhnya.

Ia menambahkan, adanya vaksinasi anak 6 hingga 11 tahun itu setidaknya menjadi bagian dari upaya untuk mendukung pembelajaran tatap muka (PTM), sehingga dapat terus berjalan berkelanjutan bagi anak didik.

"Vaksinasi anak ini sama dengan vaksinasi remaja. Pelaksanaan vaksinasi dapat dilakukan di Puskesmas, rumah sakit, pelayanan kesehatan lainnya. Atau dapat juga dilakukan di sekolah," tutupnya.[kenedy]


loading...