Program Volunteer, Cara Indocement Bantu Pendidikan

Program Volunteer, Cara Indocement Bantu Pendidikan

KOTABARU – Melalui program Corporate Social Responsibility (CSR), PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (Indocement) Plant Tarjun kembali melaksanakan kegiatan bantuan berkaitan dengan dunia pendidikan yang ada di wilayah desa mitra. 

Seperti halnya, mengisi kekosongan tenaga pengajar bagi siswa, sehingga hal itu dinilai menjadi perhatian bersama.

Indocement telah menjalankan program volunteer untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM), khususnya bagi para pelajar yang berada di Tempat Kegiatan Belajar (TKB) Desa Langadai, Kecamatan Kelumpang Hilir, Kabupaten Kotabaru.

Melihat kepedulian yang dilakukan oleh perusahaan produsen semen Tiga Roda itu, Akhmad Sudarmuji selaku pengelola SMP – SMA TKB Desa Langadai menjelaskan, pihaknya mewakili dewan guru memberikan apresiasi yang sangat baik kepada PT Indocement yang peduli akan perkembangan dunia pendidikan.

“Kami masih kekurangan tenaga pengajar, dan dengan adanya program volunteer yang dilaksanakan oleh PT Indocement tentu hal tersebut sangat membantu kami dalam memenuhi kebutuhan akan guru bagi siswa kami disini,” tuturnya.

Menurutnya, pendidikan diibaratkan dari gambaran suatu daerah untuk menampilkan kemajuannya yang oleh karenanya apa yang telah dilaksanakan oleh Indocement tentu dirasa sangat berguna sekali.

“Mudah-mudahan saja hal semacam ini akan berkelanjutan, prinsipnya adalah pendidikan bukan hanya menjadi tanggung jawab kami saja melainkan pemerintah, masyarakat serta dunia usaha,” tambahnya.

Sementara, Ihwan ST, salah satu karyawan PT Indocement yang menjadi tenaga pengajar melaksanakan program volunteering teaching di TKB Desa Langadai mengaku bersemangat ketika ditunjuk perusahaan untuk menjalankan program itu.

Di TKB Langadai kekurangan tenaga pengajar namun mempunyai jumlah siswa yang lumayan banyak. Karenanya perusahaan merasa mesti berbuat untuk peningkatan kualitas pendidikan bagi siswa.

“Saya dan beberapa rekan lainnya mengutamakan peran aktif siswa didik selama proses belajar. Dengan metode yang diterapkan seperti halnya pemberian materi yang kemudian dilanjutkan dengan memberi ruang kepada siswa untuk bertanya selain itu ada pula sesi quiz ataupun games sehingga hal itu menjadi menarik tanggapan siswa sangat baik sekali,” papar Ihwan.

Ia berharap pemerataan terhadap pendidikan dapat menjadi perhatian utamanya di daerah-daerah yang masih kekurangan guru. Karena dengan pendidikan nantinya akan mampu menjadi pilar bagi para penerus bangsa. 

“Kami berpesan agar seluruh siswa terus semangat selama belajar dan dalam mengejar cita-citanya,” harapnya.

Mewakili Management Indocement Plant Tarjun, H Teguh Iman Basoeki menyampaikan, dengan program volunteer bagi TKB Desa Langadai menjadi harapan kedepan akan memberikan dampak positif bagi dunia pendidikan dan langkah tersebut merupakan peran andil secara nyata yang ditunjukkan perusahaan bagi perkembangan kualitas siswa.

“Perusahaan berharap kedepan TKB Desa Langadai dapat berkembang dengan baik dan mampu mencetak generasi penerus bangsa yang sesuai harapan. Perusahaan akan memberikan support untuk menjalankan program-program semacam itu. Yang jelas, itu menjadi suatu langkah nyata bagi dunia pendidikan pada umumnya,” katanya.

Di lain pihak, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Kotabaru, Selamat Riyadi menyambut baik atas inisiasi bantuan yang diberikan oleh PT Indocement dan hal tersebut dirasa sangat membantu.

"Prinsipnya Disdikbud sangat mendukung kegiatan PT Indocement untuk menjalankan program tersebut. Menjadi harapan bersama semoga program ini semakin meningkatkan kualitas pendidikan di TKB Desa Langadai dan memberikan dampak bagus bagi peningkatan kualitas siswa," imbuhnya.[zainuddin]


Lebih baru Lebih lama