Percepat Vaksinasi Anak, Legislator: Perbanyak Gerai Vaksin

Percepat Vaksinasi Anak, Legislator: Perbanyak Gerai Vaksin

ANGGOTA DPRD Kota Palangka Raya, Ruselita.| foto : istimewa

PALANGKA RAYA - Pemerintah kota (Pemkot) Palangka Raya didorong untuk lebih berinovasi agar percepatan program vaksinasi Covid-19 bagi anak usia 6 hingga 11 tahun dapat optimal.

Pemberian suntik vaksin ini dimaksudkan untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh anak-anak, yang merupakan golongan rentan penularan Covid-19.

Menurut anggota Komisi B DPRD Kota setempat, Ruselita, berbagai tantangan dalam percepatan vaksinasi bagi anak, mulai dari kesediaan orangtua, kesediaan anak, hingga jumlah keikutsertaan anak yang belum meningkat hendaknya bisa disiasati dengan inovasi tepat yang mampu meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mendorong anak didik untuk mau divaksin.

Ia memberikan salah satu inovasi agar pencapaian vaksin anak bisa cepat terwujud dengan memperbanyak gerai-gerai vaksinasi yang khusus diperuntukan bagi anak.

"Sediakan gerai-gerai vaksinasi di sekolah-sekolah, mall, ritel modern atau tempat-tempat yang memudahkan warga atau anak-anak untuk mengunjunginya," katanya, Jumat (7/1/2022).

Kemudian, inovasi lainnya, bisa pula dengan cara membuat acara yang mampu menarik minat anak-anak untuk antusias mengikuti vaksin, yakni dibalut dengan menyediakan doorprize atau bingkisan-bingkisan.

Sementara, lanjutnya, terkait banyaknya instansi yang mencoba untuk membuat lokasi vaksinasi dengan suasana tematik, seperti taman bermain agar anak dapat nyaman dan rileks, hal tersebut merupakan langkah yang sangat bagus. 

"Langkah tersebut tentu ketika saat divaksin anak-anak merasa lebih rileks karena bisa sambil bermain,” ucapnya.

Ia juga menyarankan untuk mencapai herd immunity ada baiknya pemerintah lebih giat lagi mempercepat pelaksanaan vaksin bagi anak, terutama dengan cara mendatangi langsung atau jemput bola ketempat terpencil atau pelosok.

"Berbagai cara harus dilakukan pemerintah demi mewujudkan kekebalan komunal dalam mendukung percepatan program vaksinasi ini," tandasnya.[kenedy]


Lebih baru Lebih lama