Pemkab Harus Mampu Tingkatkan SDM di Wilayah Tertiggal

Pemkab Harus Mampu Tingkatkan SDM di Wilayah Tertiggal

BUNTOK - Pemerintah sejatinya mampu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM), khususnya di wilayah yang tertinggal. Tak terkecuali di pelosok Kabupaten Barito Selatan (Barsel)

Ini pula yang diharapkan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Barsel, Raden Sudarto kepada Pemkab Barsel.

Saat ini tampak masih banyak masyarakat yang masih kurang di sisi SDM, di beberapa wilayah Barsel dan sekitarnya. Karenanya, pemerintah harus mampu meningkatkan kualitas tersebut.

“Dalam peningkatan SDM itu harus ada tanggung jawab dari pemerintah, seperti melakukan pelatihan-pelatihan bagi masyarakat Barsel dan sekitanya,” kata Raden, Kamis (27/1/2022).

Menurut wakil rakyat ini, keberadaan tempat pelatihan, seperti tempat menjahit, membuat kerajinan batik dan lain-lainnya, sangat penting. Dengan adanya peningkatan SDM ini, sangat baik kalau memang pemerintah serius dalam hal pengembangan tersebut.

Menurutnya, sumber-sumber pendapatan, kesejahteraan itu pasti ada kalau pemerintah serius, apabila adanya pembinaan dari dinas yang bersentuhan langsung dalam membina masyarakat.

"Peningkatan SDM itu dapat berjalan kalau ada pembinaan yang sangat serius, seperti memberikan pelatihan, kemudian adanya tempat praktek, terlebih lagi tempat pemasaran barang hasil kerajinan," pungkas politisi PDI Perjuangan ini.[deni]


Lebih baru Lebih lama