Lanjutkan Program YESS 2022, PPIU Kalsel Gelar Seleksi

Lanjutkan Program YESS 2022, PPIU Kalsel Gelar Seleksi


BANJARBARU - Kementerian Pertanian (Kementan) memberdayakan ribuan pemuda di Indonesia, untuk dididik menjadi petani milenial yang modern, terampil dan akrab.

Langkah tersebut dibarengi dengan memanfaatkan teknologi internet, melalui Program Youth Enterpreneur and Employment Support Services (YESS).

Hal ini sejalan dengan arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Ia mengatakan generasi muda merupakan bonus demografi di Indonesia.

"Masa depan pertanian ada di anak-anak muda, di generasi milenial. Untuk itu, kita selalu berupaya agar banyak generasi milenial turun ke sektor pertanian," katanya.

Mentan pun menegaskan, generasi muda tumbuh bersamaan dengan pesatnya perkembangan teknologi informasi. 

"Generasi milenial dengan ciri kreatif, inovatif, memiliki passion dan produktif. Maka tidak salah rasanya kalau kita letakkan tanggung jawab pembangunan pertanian kepada mereka," tegas Mentan.

Sementara Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Dedi Nursyamsi mengatakan hal serupa.

"Pertanian itu seksi. Karena, banyak sektor usaha yang bisa dikerjakan dan dimanfaatkan. Peluang-peluang ini yang kita harapkan bisa dimanfaatkan generasi milenial," tuturnya.

Dedi menambahkan, generasi muda juga diharapkan bisa memberikan pembaruan. 

"Lewat para milenial, kita berharap lahir inovasi-inovasi untuk mendukung pengembangan serta memaksimalkan pertanian. Adanya pandemi membuat perubahan dalam transaksi pembelian, dimana orang lebih banyak menggunakan jasa e-commerce. Hal ini harus disikapi menjadi peluang baru bagi generasi muda," ungkap Dedi.

Program YESS dijalankan pada 4 provinsi di Indonesia, antara lain Jawa Barat, Jawa Timur, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Selatan. Sudah berjalan sejak tahun 2019, ditargetkan sampai tahun 2025.

Salah satu pelaksana adalah Provincial Project Implementation Unit (PPIU) Kalsel yaitu SMK PP Negeri Banjarbaru, yang di awal tahun 2022 ini kembali membuka lowongan tim pelaksana Program Yess di Kalimantan, di mana tim pelaksana tahun 2021 telah selesai kontraknya.

Kali ini PPIU Kalsel membuka 11 jabatan dalam Program YESS di Kalsel, dengan jumlah total yang dibutuhkan 26 orang yang tersebar di SMK-PP Negeri Banjarbaru serta 3 kabupaten (Banjar, Tanah Laut, dan Tanah Bumbu) yang menjadi tempat Program YESS.

Sesuai info dari Ketua Pelaksana rekruitmen Program YESS Kalsel 2022, Fibrian Hendra Kusuma, 11 Jabatan yang diperlukan di antaranya: Staff Supporting Administrasi, Data Managemen Staff, Staff Supporting Administrasi, Konsultan TVET and Transition to Work Specialist.

Staff Supporting for DIT, Staff Supporting for Administration Financial, Staff Supporting Administrasi, Mobilizer, Junior Assistant Professional For Monitoring and Evaluation, Financial Advisor, dan Junior Assistant Professional For Financial Management.

"Untuk seleksi ini peserta harus hadir 30 menit sebelum tes dimulai, membawa kelengkapan berkas asli sesuai persyaratan, membawa laptop, memakai masker dan memenuhi protokol kesehatan Covid-19, dan pakaian hitam putih, rapi dan sopan,” jelas Fibrian Hendra, Senin (10/1/2022).

Selain itu proses seleksi dilakukan dengan proses seleksi administrasi, wawancara dan akan dilanjutkan dengan proses rapat dengan tim manajemen PPIU Kalsel untuk kemudian di umumkan pada pertengahan januari 2022.[adv]

Penulis : Tim Ekpos SMK-PP Negeri Banjarbaru

Lebih baru Lebih lama