Kerusakan Jalan Menuju Kawasan Food Estate di Teluk Pelinget, Warga Minta Penanganan Segera

SEJUMLAH kendaraan dan pelajar saat melintas di ruas jalan di Desa Teluk Pelinget km 8, Pulau Petak.| foto : zulkifli

KUALA KAPUAS - Ruas jalan arah Kapuas Palingkau, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah, tepatnya di Desa Teluk Palinget Km 8 Kecamatan Pulau Petak mengalami kerusakan.

Kondisi jalan berlobang, bahkan di beberapa bagian becek dan jadi kubangan lumpur imbas terkena curah hujan. Padahal diketahui ruas jalan tersebut merupakan akses menuju kawasan proyek food estate di Kecamatan Dadahup.

Pantauan di lapangan, Rabu (12/1/2022), akibat kondisi jalan yang rusak sempat menimbulkan kemacetan dan antrian kendaraan yang melintas.

Belum diketahui pasti penyebab kerusakan jalan apakah akibat dilewati kendaraan berat yang melebihi kapasitas atau memang kualitas jalan itu sendiri atau faktor lainnya.

Syahbudin (53), seorang warga Desa Teluk Palingit menuturkan, kondisi kerusakan yang cukup parah sudah berlangsung selama sekitar dua bulan, pada saat hujan intens dan pasca terjadi air pasang beberapa waktu lalu.

"Sudah dua bulan lebih rusak parah. Disepanjang kira-kira dua kilometer jalan terdapat sekitar tiga titik kerusakan jalan yang terparah," tuturnya.

Akibatya, hampir setiap hari terjadi kemacetan pada ruas jalan itu.

"Setiap hari terjadi kemacetan, bahkan tidak jarang sampai ada truk angkutan yang terbalik dan mengalami kerusakan," ujarnya.

"Jalan tersebut juga merupakan akses yang dilewati para pelajar menuju sekolah-sekolah," tambahnya.

"Harapan kami selaku warga disini segera ada perbaikan jalan tersebut," pungkas Dia.

Sementara, di beberpa titik ruas jalan yang rusak sudah tampak tumpukan material untuk penanganan perbaikan sementara kerusakan jalan tersebut.[zulkifli]


loading...