Walikota Sampaikan Ini di Hari Anti Korupsi dan Bela Negara Ke-73

PALANGKA RAYA, MK - Dalam rangka memperingati hari Hari Anti Korupsi dan Bela Negara ke-73, Pemerintah Kota (Pemkot) Palangka Raya menggelar Apel Gabungan TNI/Polri/ASN yang dilangsungkan di halaman Kantor Walikota setempat, Senin (6/12/2021).

Walikota Palangka Raya Fairid Naparin yang bertindak selaku Inspektur Upacara mengatakan, Peringatan Hari Anti Korupsi bertajuk Satu Padu Bangun Budaya Anti Korupsi, dan Hari Bela Negara ke-73 dengan tajuk Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh.

"Dengan komitmen dan semangat Isen Mulang serta falsafah hidup Huma Betang memunculkan semangat kebersamaan, gotong royong dalam menghadapi dan melewati krisis yang dihadapi negara kita khususnya di wilayah Kota Palangka Raya," ucapnya.

Dijelaskan, sikap bela negara bukan hanya dalam wujud perang bersenjata, melainkan juga dalam perang melawan Covid-19 dengan berbagai cara dan daya yang dimiliki tiap-tiap individu.

"Dengan kesadaran kita mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, maka kita bisa menjadi salah satu duta bela negara dalam mencegah penyebaran virus Covid 19," tegasnya.

Selain itu, bebernya, sikap bela negara juga sudah tertuang dalam Pasal 27 ayat (3) UUD 1945, setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara, yang artinya setiap warga negara Indonesia harus merasa terpanggil untuk ikut serta dalam membela negara, menyelamatkan negara dari pandemi Covid-19.

Artinya, tambahnya, setiap warga negara memiliki hak untuk mendapatkan perlindungan dari negara serta wajib untuk ikut serta dalam upaya pembelaan negara.

"Membela yang paling mudah ialah dengan selalu menaati anjuran, imbauan, dan peraturan yang telah ditetapkan pemerintah dalam pencegahan penularan covid-19 ini," imbuhnya.

Melalui peringatan Hari Anti Korupsi dan Hari Bela Negara yang ke-73 ini, orang nomor satu di Kota Cantik itu berharap dapat mengingatkan pada cita-cita bangsa untuk membangun Indonesia, khususnya Kota Palangka Raya yang bebas dari korupsi dan menjadi duta-duta bela negara dalam perannya masing-masing.[kenedy]


loading...