Kesatria & Srikandi Pertanian Kalimantan Raih Apresiasi dari Kementan

Kesatria & Srikandi Pertanian Kalimantan Raih Apresiasi dari Kementan

SEBAGAI wujud motivasi tambahan kepada insan pertanian yang memberikan kontribusi, Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) memberikan penghargaan kepada SDM pertanian berprestasi. 

Mereka yang mendapat penghargaan tersebut, terdiri dari penyuluh pertanian, Pusat Pelatihan Pertanian Pedesaan dan Swadaya (P4S), petani milenial, widyaiswara, dosen, dan guru. 

Adapun Kesatria & Srikandi Pangan yang berhasil meraih penghargaan dari regional Kalimantan, yaitu P4S Kebun Ndesa atas nama Tukijo dari Kota Samarinda Provinsi Kalimantan Timur.

Kemudian petani milenial dari Kabupaten Tapin Provinsi Kalimantan Selatan, atas nama Junaidi. Selanjutnya, Penyuluh Pertanian Lapangan dari Kabupaten Hulu Sungai Tengah atas nama Rizali Anshar S.ST MM.

Juga tak ketinggalan Widyaiswara Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Binuang, Susmawati SP MP. 

Kepala BBPP Binuang, Dr Ir Yulia Asni Kurniawati M.Si yang turut berhadir sangat mengapresiasi Penghargaan yang telah diberikan. 

Penghargaan tersebut diserahkan langsung Menteri Pertanian (Mentan), Syahrul Yasin Limpo (SYL) pada Apresiasi Sumber Daya Manusia Pertanian 2021 di Gedung Bina Karakter, Pusat Pelatihan Manajemen Kepemimpinan Pertanian (PPMKP), Ciawi, Rabu (22/12/2021). 

Kepala BPPSDMP, Dedi Nursyamsi menjelaskan, penghargaan ini diberikan kepada SDM pertanian yang sudah mendedikasikan diri dan semangat dalam pembangunan pertanian. 

"Apresiasi ini agar ke depan para punggawa pembangunan pertanian ini bisa bekerja untuk bangsa dan negara. Banyak peran yang diambil oleh penerima apresiasi ini untuk perkembangan pertanian, sehingga kita terus menyemangati mereka untuk dapat berbakti kepada bangsa dan negara," katanya. 

Mentan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, apresiasi ini sebagai bentuk perhatian yang serius Kementan, yang tujuannya merangsang petani milenial, termasuk para guru dan dosen untuk melakukan aktivitas yang lebih baik. 

"Kementerian Pertanian Kementan juga akan terus melakukan peningkatan sumber daya manusia terutama penyuluh agar lebih bisa mengembangkan industri tersebut untuk menjadi potensi bagi tumbuh kembangnya pengusaha muda," ujarnya. 

Kementerian Pertanian akan mencari bibit unggul petani pengusaha dan widyaiswara terbaik untuk dapat meningkatkan prestasi untuk menjadi pengembang di dunia pertanian.[susma/irfan/adv]


Lebih baru Lebih lama